Tips Memperbayak Tanaman Hias Melalui Pot

Tips Memperbayak Tanaman Hias Melalui Pot – Dewasa ini membudidayakan tanaman hias di pekarang rumah menjadi trend atau gaya hidup baru. Tak hanya bagi orang-orang yang hidup di pedesaan, namun juga masyarakat kota yang mayoritas hanya memiliki lahan yang sempit. Oleh sebab itu media tanam pot menjadi alternatif paling gampang dan praktis untuk membudidayakan tanaman hias.

Untitled

Selain itu media pot dipilih juga karena mampu mempercantik tanaman hias yang kita tanam. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini banyak sekali jenis pot yang yang dijual di pasaran mulai dari pot yang terbuat dari bahan plastik sampai dengan pot yang terbuat dari bahan keramik. Bentuk dan motifnya juga sangat bervariasi.

Jadi para pembudidaya bebas memilih jenis pot yang sekiranya cocok untuk jenis tanaman yang hendak ditanam. Selain memperhatikan jenis pot, untuk memperbanyak tanaman hias bisa melalu dua cara, yang pertama adalah cara generatif dan yang kedua adalah cara vegetatif.

Kedua cara tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dan tak semua jenis tanaman bisa diperbanyak melalui cara yang sama. Perbanyakan tanaman dengan cara generatif bisa dilakukan dengan menggunakan biji yang dihasilkan oleh tanaman indukan. Cara ini terkenal lebih memakan waktu yang lama dibanding dengan cara vegetatif.

Sedangkan cara vegetatif ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan bagian tanaman indukan untuk dijadikan tanaman baru. Perbanyakan vegetatif ini bisa melalui beberapa cara seperti setek batang, setek pucuk, setek daun, sampai dengan cangkok.

Setek Batang

Setek batang ini bisa dilakukan dengan cara mengambil bagian batang dari tanaman induk untuk dijadikan bibit. Jenis tanaman yang bisa diperbanyak menggunakan setek batang adalah jenis tanaman Dieffenbachia, Schefflera, Dracanea, sampai dengan Kroton.

Setek Pucuk

Bagian tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan metode setek pucuk ini tentunya adalah bagian pucuk dari tanaman. Jenis tanaman yang dapat dikembangkan dengan setek pucuk adalah tanaman Chlorophytum comosum dan juga Episcia fulgida.

Setek Daun

Setek daun ini dilakuan dengan cara menanam potongan daun dari tanaman tertentu sampai muncul tunas dan akar apabila syarat tumbuhnya sudah terpenuhi. Jenis tanaman yang dapat diperbanyak melalui setek daun ini adalah jenis tanaman Violces, Begonia, Sanseviera, sampai dengan sukulen.

Cangkok

Metode cangkok ini sebenarnya mirip dengan setek batang. Namun ada beberapa jenis tanaman tertentu yang tidak dapat diperbanyak dengan setek batang karena masalah penguapan. Oleh sebab itu bisa diganti dengan metode cangkok. Beberapa jenis tanaman yang bisa diperbanyak dengan cara pencangkokan adalah Scheflera, Violces, Kroton, ataupun jenis tanaman karet-karetan. Sebenarnya masih banyak lagi cara atau metode memperbanyak tanaman hias yang tidak bisa disebutkan semuanya di sini. Semoga info tadi dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *