Tips Mempercepat Proses Pembungaan pada Tanaman Durian

Tips Mempercepat Proses Pembungaan pada Tanaman Durian – Durian merupakan buah dengan harga yang cukup fantastis, karena jarang sekali harganya turun. Sehingga banyak petani berlomba-lomba untuk menanam buah ini, tetapi tidak memperhatikan hal-hal penting agar tanaman ini tumbuh dengan pesat dan berbuah. Terdapat beberapa cara agar para petani dapat mempercepat pembungaan pada tanaman durian hingga tumbuhan tersebut berbuah lebih cepat.

duriaaa

Awal dalam menanam durian merupakan langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan bibit, tidak semua bibit yang dijual pedagang bagus dan bermutu baik. Perlu dipilih dengan cermat dalam pemilihan bibit durian. Pedagang bibit yang dapat memberikan garansi bila tumbuhan itu tidak berbunga dan berbuah dengan pesat selain itu perhatikan benar-benar tekstur biji. Lebih baik para petani memilih bibit durian unggul hasil okulasi atau sambungan, karena biasanya akan tumbuh sekitar 3-6tahun tumbuhan tersebut.

Kedua, Pemberian pupuk secara rutin. Pupuk yang digunakan tidak harus pupuk organik yang terpenting mutu pupuk itu terjamin kualitasnya. Tujuan pemberian pupuk adalah agar tumbuhan memiliki fase vegetatif yang baik sebelum memasuki fase pembungaan dan pembuahan/generatif. Dengan pemberian unsur hara yang cukup melalui media tanah dapat memberikan fasilitas media yang baik. Unsur hara ini dapat berupa padat/cair. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah jaminan aman atau tidaknya pupuk tersebut. Perlu memperhatikan beberapa bahan yang dicampurkan dalam pupuk tersebut.

Ketiga, Pergantian musim sangatlah mempengaruhi. Jika pada musim hujan maka para petani tanaman durian perlu meningkatkan pertumbuhan vegetatif agar menuju ke pertumbuhan generatif. Dengan memperhatikan setiap pergantian musim, tumbuhan durian akan berbuah tepat pada musimnya. Namun dengan adanya pergantian musim, beberapa hama akan menyerang tanaman durian. Ada beberapa petani harus mengetahui bahwa tanaman durian memiliki beberapa hama/penyakit yang dapat menyerang tapi tidak dapat disembuhkan. Beberapa hanya dapat dicegah sebelum penyakit/hama itu menyerang. Para petani harus menggunakan pestisida yang tepat pada setiap hama yang menyerang. Jika ada beberapa predator yang dapat digunakan memangsa hama, dapat dipelihara agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman durian.

Bila ketiga langkah diatas tidak berhasil, gunakanlah perangsang pembuahan pada tanaman durian yang aman dan mutunya bagus. Dengan menggunakan zat perangsang tanaman durian akan tumbuh lebih cepat. Tujuan penggunaan zat perangsang pembuahan untuk memacu pertumbuhan generatifnya. Sebaiknya pembelian zat perangsang di toko yang terpercaya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *