Tips Memulai Usaha Peternakan Bebek Sukses

Tips Memulai Usaha Peternakan Bebek Sukses – Salah satu ladang usaha yang cukup menjanjikan adalah mengelola peternakan. Usaha ini dirasa cukup memberikan keuntungan yang lebih dari pada usaha yang lainnya. Hal ini tentu saja tidak jauh-jauh dari peran makhluk hidup yang terus berkembang biak dan menghasilkan banyak keturunan. Bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda maka Anda harus belajar bagaimana menjadi seorang pengusaha yang sukses. Salah satu hal yang dapat Anda geluti sebagai pengusaha adalah beternak salah satu binatang daratan yaitu bebek.

Untitled

Dalam perkembangannya bebek memang dirasa kalah pamor dari pada teman daratannya yaitu ayam, tetapi melihat prospek perkembangan yang dilakukan oleh bebek ini maka Anda tidak segan-segan untuk mempelajari bagaimana kehidupan bebek untuk berkembang dan menghasilkan bebek. Meskipun bebek memiliki pamor yang kurang dari pada ayam namun harga jual dari daging bebek ini lebih besar dari pada harga jual yang diberikan oleh ayam.

Tidak hanya harga daging bebeknya yang tergolong memiliki nilai lebih tinggi dan membuka pesaing yang relative sedikit dari pada ayam, harga dari telur bebek juga memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada ayam. Hal utama yang perlu Anda perhatikan dalam beternak bebek adalah melakukan persiapan akan kandangnya. Kandang yang akan digunakan untuk beternak bebek tidak dapat sembarangan, syarat kandang harus memiliki temperature dengan suhu sekitar 39 derajat celcius. Selain itu kelembaban dari kandang pun harus memiliki intensitas sekitar 60 hingga 65%. Penerangan yang diberikan kepada kandang juga harus ada dengan tujuan untuk memudahkan pengaturan kandang agar sesuai dengan fungsinya. Jangan lupakan pula beberapa perlengkapan kandang yang harus Anda perhatikan seperti adanya tempat sebagai persediaan air minum dan juga persediaan makan.

Hal kedua yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha bebek ini juga terdapat mengenai bagaimana Anda mempersiapkan bibit untuk usah Anda. Terdapat 3 hal yang digunakan untuk memperoleh bibit yaitu:

  1. Membeli telur bebek dengan kualitas yang telah jelas terbukti keunggulannya. Jika perlu belilah telur bebek di tempat pengembangan dinas peternakan.
  2. Memelihara induk bebek atau itik yang memiliki kualitas unggul dan memelihara antara pejantan serta betinanya agar mendapatkan telur tetas yang juga unggul.
  3. Membeli day old duck dari salah satu produsen pembibitan yang telah terkenal kualitasnya.

Hal ketiga yang perlu Anda perhatikan pula adalah mengenai cara pemberian pakan bebek Anda. Pada saat usia bebek berada di sekitar angka 1 hingga 7 hari maka Anda dapat memberikan pakan dengan intensitas 5 kali dalam sehari. Pakan yang Anda berikan kepada itik atau bebek peliharaan Anda juga tidak sembarangan yaitu pakan dengan konsentrat 511. Baru setelah bebek berumur sekitar 14 hari Anda bisa mencampurkan pakan ini dengan campuran makanan lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *