Tips Menambah Nafsu Makan untuk Anak

Tips Menambah Nafsu Makan untuk Anak – Saat anak anda susah makan, tentunya hal tersebut akan sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut karena anak bisa dengan mudah terserang penyakit karena nutrisi yang didapatkan oleh tubuh anak kurang.

2

Maka dari itu, banyak dari ibu yang terkadang harus marah dan memaksa anaknya untuk mau makan-makanan yang telah disediakan. Namun, tahukah ibu jika marah itu bukanlah memudahkan anak untuk makan, tetapi akan membuat anak untuk enggan makan.

Maka dari itu, berikut beberapa tips yang patut untuk ibu coba kepada anak agar dia mau makan sedikit demi sedikit. Adapun beberapa tipsnya antara lain yaitu:

  • Ajaklah untuk makan bersama ayah dan ibunya atau bisa juga dengan kakak dan adiknya. Hal tersebut akan membantu anak untuk mau makan karena secara tidak langsung ada rasa terpacu untuk makan ketika melihat ayah atau ibunya makan, terlebih jika ditemani oleh kakak maupun adiknya. Selain itu, hal ini pun akan mendidik anak untuk tetap makan di meja makan dan berkonsentrasi di saat makan.
  • Siapkanlah hidangan makan si kecil dalam jumlah porsi sedikit saja, dengan begitu dia akan secara perlahan mampu menghabiskannya. Jangan lupa untuk memberikan pujian atau hadiah bagi anak jika berhasil melakukan tugasnya. Jika dirasa menu dengan porsi tersebut sudah cukup, maka anda perlahan bisa menambah porsinya agar anak bisa terbiasa dengan porsi seharusnya.
  • Biasakanlah untuk memberikan minum air putih bagi anak. Selain tidak membuat terlalu kenyang, hal ini pun bisa melatih anak untuk gemar meminum air putih sehingga tetap terjaga kondisi tubuhnya dari segala penyakit yang akan menyerang.
  • Buatlah jadwal waktu makanan ringan, dengan begitu akan membantu anda untuk menentukan kondisi anak ketika sudah siap untuk diberikan asupan nutrisi pokok bagi anak.
  • Cobalah untuk memberi vitamin atau susu penambah nafsu makan, hal ini bisa sangat membantu ibu karena formula di dalam susu yang memungkinkan sang anak untuk merasa lapar pada jam-jam tertentu setelah minum susu.

Berikut diatas merupakan tips singkat bagi ibu, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan kepada anak. Ingatlah untuk tetap memberikan pujian dan hadiah yang sepadan dengan sikap baik yang telah anak anda lakukan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *