Tips Mencegah Penyakit Influenza

Tidak ada obat pasti yang bisa membasmi flu. Satu-satunya strategi agar tidak menderita flu hanya bisa dilakukan dengan pencegahan. Cara yang dinilai paling efektif yakni menjalani vaksinasi flu. Namun jika Anda tidak mau mengeluarkan banyak biaya ke dokter. Cukup mencoba beberapa tips berikut ini.

e 9

  • Mencuci tangan secara tepat

Sebagian besar virus flu disebarkan melalui adanya kontak secara langsung. Dimana penderita flu, bersin yang terkena tangannya kemudian menyentuh keyboard, telepon, gelas yang ada di dapur ataupun pintu hingga kemudian barang-barang itu disentuh orang lain.

Perlu Anda tahu bahwa kuman memiliki suatu kemampuan hebat yaitu hidup dan bertahan selama berjam-jam di satu tempat. Maka dari itu, seringlah untuk mencuci tangan Anda. Sementara alternatif lainnya menggunakan tissue basah antiseptik maupun pencuci tangan antiseptik jika memang sulit menemukan tempat mencuci tangan.

  • Jangan menutup batuk dan bersin dengan tangan

Virus dan kuman mampu melekat di tangan dalam waktu lama, Anda selanjutnya hanya akan membuat kuman beserta virus tersebut tersebar ke orang lain.

  • Mencuci tangan sebelum menyentuh wajah

Virus flu bisa masuk melalui hidung, mata maupun mulut. Sehingga menyentuh wajah menjadi cara yang paling sering mempercepat penularan pilek ke anak dari orang tua.

  • Melakukan olahraga aerobik secara teratur

Berlari, berjalan, berenang serta olahraga aerobik yang lainnya membantu jantung memompa darah. Jadi, Anda akan bernafas lebih cepat dalam membantu mentransfer lebih banyak oksigen dari paru-paru Anda ke dalam darah.

Sehingga bisa juga menjadikan tubuh Anda memanas dan berkeringat. Hal ini tentu saja akan membantu untuk meningkatkan daya tahan secara alami.

Baca Artikel Lainnya :

Adapun makanan yang mengandung phytochemical adalah sayuran beserta buah-buahan dengan warna merah, hijau tua dan juga kuning.

Itulah beberapa cara pencegahan praktis yang bisa Anda lakukan agar tidak terserang flu. Sebagai orang tua Anda juga bisa mulai mengajarkan pencegahan flu seperti di atas kepada anak-anak Anda. Sehingga dimanapun mereka berada akan tetap aman dari ancaman virus flu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *