Tips Mengajarkan Anak Untuk Hemat

Selain mengajarkan tentang sifat mandiri, salah satu tugas orang tua yaitu harus mengajarkan juga tentang hemat. Di tengah-tengah kondisi ekonomi yang serba sulit, berhemat adalah langkah tepat yang harus diajarkan pada anak mulai sejak dini.

Di samping itu, sifat hemat yang dimiliki sang anak akan sangat membantu orang tua dalam mengurangi pengeluaran rumah tangga. Berhemat merupakan salah satu sifat positif yang harus dipunyai oleh anak.

r 137

Pada saat masih kecil, anak-anak tentu belum bisa memahami apa makna dari sikap berhemat. Karenanya peran orang tua sangat diperlukan dalam menjelaskan kondisi ini agar sang anak mau menerima dengan baik.

Mumpung masih anak-anak, orang tua akan lebih mudah mengajarkan cara hemat dari pada ketika nanti sudah dewasa. Ini dikarenakan karakter seseorang akan mulai terbangun ketika sejak kecil dan terbawa hingga dewasa.

Berikut tips mudah mengajarkan berhemat pada anak

  • Tanamkan rasa syukur

Bersyukur akan memberitahukan anak tentang rasa terima kasih. Dengan rasa syukur, sang anak akan mengetahui bahwa setiap sesuatu yang dipunya pasti berharga.

Menanamkan rasa bersukur dapat dimulai dengan mengajak anak ke panti asuhan. Dengan begini dia akan lebih merasa beruntung karena tercukupi.

  • Ajari tentang perbandingan harga

Cara tepat dalam mengajarkan berhemat pada anak adalah dengan membandingkan harga setiap barang.

Dengan mengetahui hal ini, sang anak akan mulai berpikir tentang berapa banyak uang yang harus dikeluarkan tiap membeli barang. Manfaat membandingkan harga adalah dapat menyimpan sisa uang.

  • Berikan uang pas untuk belanja

Salah satu cara paling ampuh dalam menghemat uang yaitu membawa uang pas ketika berbelanja. Ajari hal ini pada sang anak agar kelak melakukan hal yang sama. Dengan membawa uang pas, hasrat berbelanja barang yang tidak diperlukan bisa dikurangi.

  • Jelaskan cara mencari uang

Mendapatkan uang sangat sulit saat ini. Jelaskan kondisi pada anak agar mengerti bagaimana sulitnya mencari uang. Berikan pengertian yang jelas. Ceritakan juga bagaimana proses mendapatkan uang untuk membiayai berbagai keperluan rumah tangga.

  • Ajari tentang menabung

Menyimpan uang bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Cara paling mudah mengajarkan anak agar mau menabung adalah dengan membelikan tempat penyimpanan uang yang berbentuk hewan atau barang kesukaannya. Dengan begini, anak akan lebih termotivasi untuk menabung.

Baca Artikel Lainnya :

  • Berikan contoh berhemat

Salah satu poin yang sering dilupakan orang tua dalam mengajarkan cara berhemat adalah memberikan contoh. Kebanyakan orang tua hanya akan berbicara tanpa memperlihatkan contoh langsung. Belanjalah dengan anak lalu tunjukkan cara memilih sesuai dengan kebutuhan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *