Tips Mengatasi Bayi Anda Yang Susah Tidur

Tips Mengatasi Bayi Anda Yang Susah Tidur – Hari sudah larut malam tetapi kenapa si bayi belum juga mau memejamkan matanya ?

Padahal seluruh anggota keluarga yang lainnya sudah tidur dengan pulas sejak sore tadi. Persoalan – persoalan bayi yang susah tidur tidak hanya membuat kedua orang tua mereka repot menjaga tetapi juga dapat merugikan kondisi kesehatan si bayi. Bagaimana cara mengatasi hal ini ?

qw1

Anda sebagai orang tua si bayi memang harus segera mengambil tindakan pencegahan sejak dini melihat gejala bayi anda tidak bisa tidur malam ini dengan mengupayakan langkah – langkah tepat guna mengatasi bayi susah tidur.

Perlu diketahui bahwa bagi bayi, tidur yang sehat adalah mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah untuk merangsang tumbuh kembang otak dan tubuh si bayi.

Sekitar 75% hormon pertumbuhan dalam tubuh bayi akan dikeluarkan pada saat bayi anda tertidur dengan lelap.

Hormon pertumbuhan ini erat kaitannya dengan kondisi fisik bayi karena hormon ini akan bekerja secara optimal guna merangsang pertumbuhan jaringan, tulang, dan otak serta mengatur metabolisme tubuh bayi ketika mereka tidur lelap. Oleh karenanya, tidur merupakan hal terpenting yang wajib dilakukan bagi bayi anda.

Adapun cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah bayi susah tidur antara lain :

1). Ketika merasa lapar, bayi anda akan terbangun dari tidurnya, segeralah berikan bayi anda susu ASI atau susu formula agar bayi anda bisa kembali tidur pulas setelah minum susu.

Pada saat tubuhnya merasa kotor atau lengket oleh keringat, kencing atau BAB, bayi akan merasa gerah dan tidak nyaman, oleh karena itu segera basuh tubuh bayi dengan memakai kain / waslap bersih yang telah dibasahi air hangat sebelumnya, kemudian oleskan minyak telon pada punggung, dada dan perut bayi dan sapukan bedak bayi pada sekujur tubuhnya.

Pada saat popok yang dipakainya tampak basah karena pipis atau kotoran, bayi juga bisa terbangun dari tidurnya, maka dari itu segera ganti popok bayi dengan popok yang baru agar bayi anda kembali dapat merasakan kenyamanan dan bisa tidur dengan pulas.

Pakaikan bayi dengan pakaian baru berukuran sesuai dengan badan bayi ( tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar ), dan utamakan pakaian yang terbuat dari bahan – bahan lembut dan mudah menyerap keringat.

2). Ketika bayi anda sedang sakit, mereka akan mengalami kesulitan tidur yang ditandai dengan gejala seperti gelisah, rewel dan disertai keluhan demam dan gumoh yang berlebihan, pada saat ini terjadi, anda harus tetap waspada dengan segera membawa bayi anda untuk berobat ke dokter spesialis anak agar gangguan kesehatannya bisa segera diobati.

Saat mendekati jam tidur, disarankan agar jangan ajak bayi anda bermain, karena hal ini bisa memunculkan efek stimulasi yang menyenangkan secara berlebihan pada hati si bayi sehingga akan membuat mereka menjadi susah tidur karena justru ingin main terus bersama anda.

Berilah belaian sayang dan senandung lembut ketika melihat gejala mereka sudah mulai mengantuk, karena belaian dan senandung bisa mengantar bayi anda untuk cepat tertidur.

Minimalkan suara – suara bising di dekat bayi, karena suara bising terkadang dapat membangunkan bayi yang sedang tidur pulas dan bayi anda akan sulit untuk tidur lelap kembali.

Di samping hal tersebut di atas, hal penting lainnya bagi orang tua agar bayi mereka bisa cepat tidur adalah usahakan untuk membiasakan bayi tidur lebih pendek pada waktu jam tidur di siang hari sehingga bayi anda bisa tidur lebih lama pada malam harinya, sehingga bayi tidak akan merepotkan keluarga pada waktu malam hari buat menjaganya karena tidak bisa tidur.

Baca Artikel Lainnya :

Ajarlah bayi anda agar cepat belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, jadi usahakan bersikap dengan fleksibel dan santai ketika bayi anda mengalami susah tidur, ketahui penyebabnya kemudian atasi segera sehingga bayi anda bisa tertidur dengan nyaman.

Demikian info dari kami, semoga anda berhasil mengatasi bayi yang susah tidur dan anda pun bisa tidur dengan nyenyak.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *