Tips Mengatasi Bengkak Secara Alami

Tips Mengatasi Bengkak Secara Alami – Bengkak merupakan salah satu masalah yang umum sering terjadi di kalangan masyarakat, biasanya kebengkakan ini disebabkan karena adanya bentukan benda keras, cidera, sakit perih dan lain sebagainya. Bengkak pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya dengan berjalannya waktu. Memang dapat sembuh dengan sendirinya, namun akan sangat menganggu aktivitas dan membuat kita tidak nyaman sehingga bengkak harus di obati.

1

Bengkak ini akan muncul dan tampak pada bagian mana saja, namun biasanya sering terjadi pada bagian kaki, tangan, bahkan wajah yang akan menganggi penampilan anda. Pada umumnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kebangkakan tersebut muncul diantaranya seperti :

  • Pembekuan darah
  • Benturan
  • Menderita penyakit tertentu
  • Dampak dan efek penggunaan obat
  • Kehamilan infeksi
  • Penyebab lainnya ( menstruasi, berdiri terlalu lama dan lain sebagainya )

Cara mengatasi atau mengobati bengkak

Namun untuk mengatasi bengkak akibat dari masalah atau penyakit yang serius harus di lakukan pemeriksaan yang lebih lanjut dengan berkonsultasi kedokter, tetapi jika masalah bengkak tersebut di sebabkan oleh masalah – masalah kecil benturan atau kelelahan bisa anda atasi di rumah. Adapun cara mengatasi bengkak secara alami dan mudah dilakukan yaitu sebagai berikut :

1. Menggunakan es batu

Dengan menggunakan es batu, merupakan salah satu cara alami yang banyak digunakan untuk mengatasi bengkak dengan baik. Es batu ini dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi yang disebabkan oleh bengkak. Biasanya dilakukan dengan cara cukup mudah, membungkus es batu dengan kain bersih lalu kemudian menempel kebagian yang bengkak diamkan selama 20 menit bahkan lebih.

2. Mengangkat luka 

Jika mengalami masalah pemengkakan yang diakibatkan luka, di sarankan untuk mengangkat bagian yang terluka tersebut melebihi posisi jantung. Biasanya bisa juga dilakukan dengan cara berbaring, dengan melakukan hal tersebut akan sangat membantu melancarkan aliran atau cairan yang terhambat di dalamnya sehingga mengakibatkan munculnya bengkak tersebut.

3. Menggunakan air garam

Air garam juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah bengkak dengan efektif, jika anda mengalami bengkak pada bagian kaki atau yang anda bisa melakukan perendaman pada larutan air garam yang sudah larut beberapam menit. Dengan melakukan perendaman dengan air garam akan membantu menghilangkan atau mengurangi inflamsi dan peradangan pada bagian yang bengkak tersebut.

4. Istrirahat

Bengkak biasanya akan muncul dan tampak apabila kondisi tubuh yang selalu kelelahan atau lemak, biasanya juga untuk mengatasinya harus istirahat secukup mungkin untuk memulihkan kondisi tubuh. istirahat yang sangat cukup akan juga membantu mengatasi bengkak, dan membuat tubuh lebih segar serta tehindar terjadinya pembengkakan kembali.

5. Olah raga

Olah raga yang teratur dan rutin dapat juga membantu mengatasi bengkak secara efektif. Dalam hal ini anda bisa melakukan olah raga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda santai, senam, yoga dan gerakan lainnya yang ringan dan mudah dilakukan.

Baca juga :

Demikianlah cara mengobati bengkak secara alami dan mudah dilakukan, semoga informasi kami dapat membantu untuk mengurangi kebengkakan yang di alami. Terima kasih

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *