Tips Menghadapi Anak yang Selalu Mengalami Mimpi Buruk

Tidak hanya orang dewasa, anak kecil kadang juga mengalami mimpi buruk. Yang menjadi masalah bagaimana cara menghadapi masalah tersebut. Jika orang dewasa sudah bisa berpikir bahwa mimpi itu hanya bagian tidur, akan berbeda halnya jika terjadi terhadap anak.

Anak kecil biasanya berpikir bahwa apa yang terjadi dalam mimpi merupakan kejadian nyata. Dan parahnya, anak kecil belum bisa dan terbiasa menghadapi keadaan seperti ini.

r 161

Peran tua sangat dibutuhkan dalam mengatasi keadaan seperti ini agar tidur malam tidak terganggu. Tidak sebanyak orang dewasa kecil, anak kecil rata-rata hanya mengalami mimpi buruk tiga kali dalam satu tahun.

Meskipun frekuensinya sangat jarang, namun masalah yang ditimbulkan dapat mempengaruhi psikologis anak. Kebanyakan jenis mimpi uruk yang paling sering terjadi pada anak yaitu mimpi dikejar binatang.

Berikut tips mengatasi mimpi buruk anak

  • Hilangkan faktor pemicu

Ada banyak faktor kenapa anak kecil dapat bermimpi buruk. Beberapa di antaranya seperti stress, demam, dan imajinasi. Faktor tersebut merupakan paling banyak yang diderita sang anak.

Untuk mengatasi mimpi buruk, langkah pertama yaitu dengan menghilangkan faktor pemicu. Ganti dengan kebiasaan yang bersifat positif agar pola pikir tidak terpengaruh.

  • Berikan pelukan

Pelukan bisa menjadi cara ampuh dalam menenangkan anak ketika sedang mengalami mimpi buruk. Seorang ibu yang memeluk akan memberikan rasa aman pada sang anak secara psikologis. Setelah keadaan menjadi tenang, cobalah untuk membisikkan kepada kata-kata bijak sembari memeluk buah hati tersebut.

  • Cobalah memberi hiburan

Setelah diberi pelukan namun keadaan tidak kunjung membaik, langkah selanjutnya adalah dengan memberinya hiburan yang disukai.

Salah satunya adalah dengan membacakan dongeng untuknya. Tentunya dongeng yang dibaca harus bersifat jenaka agar suasana kembali meriah dan sang anak melupakan mimpi buruk yang sudah terjadi.

Baca Artikel Lainnya :

  • Hindari menonton TV

Secara sepintas, tayangan di TV dapat menjadi alternatif dalam memfasilitasi imajinasi anak agar berkembang. Dengan syarat, tontonan tersebut harus sesuai dengan porsinya dan jangan berlebihan. Perhatikan jenis tayangan yang sedang dilihat sang anak dan lakukan pengawasan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *