Tips Mengurangi Kebiasaan Marah Terhadap Anak

Menjadi sebuah kewajaran jika anak kecil kadang marah-marah. Namun akan menjadi keabisaan buruk jika setiap kemarahan yang diungkapkan dilakukan secara terus menerus.

Rasa marah pada anak biasanya dipicu karena keinginan yang tidak dituruti. Karenanya, sebelum memutuskan untuk mengurangi kebiasaan marah pada anak, ketahui dulu penyebab timbulnya rasa marah. Yang pasti, bersabarlah jika keadaan ini terjadi.

r 141

Anak kecil yang manis dan lucu bisa saja menjadi sangat menjengkelkan secara tiba-tiba. Jika sudah begini, orang tua yang akan terkena imbasnya. Banyak orang tua dianggap salah ketika menerapkan kebiasaan mengurangi marah terhadap anak.

Salah satunya adalah dengan membalas kemarahan sang anak dengan rasa marah lagi. Jika hal ini tidak segera dihentikan, yang terjadi justru kemarahan menjadi tidak berujung. Diperlukan cara yang arif agar rasa marah dapat teratasi seperti berikut.

  • Tenang dan jangan gugup

Kejadian paling lumrah terjadi di tempat umum adalah ketika sang anak meminta mainan namun orang tua menolak, imbasnya sang anak pun marah-marah. Jika keadaan ini terjadi, usahakan untuk selalu tetap bersikap tenang dan jangan gugup agar dapat berpikir jernih.

  • Berikan contoh teladan

Saat anak marah dan orang tua membalas marah, maka keadaan tidak akan berakhir baik. Anak-anak akan belajar dari orang tuanya dalam menghadapi sesuatu. Jika orang tua membalas dengan rasa marah, maka sikap itulah yang dicontoh sang anak hingga dewasa.

  • Kenalkan pada larangan

Berikan penjelasan supaya tidak harus marah-marah dalam menangani sesuatu. Cobalah untuk mengenalkan larangan dengan cara menerapkan punishment and reward. Berikan hadiah ketika sang anak melakukan sesuatu sebagaimana mestinya, dan kenalkan hukuman jika melanggar.

  • Berikan pelukan manja

Bahkan hal yang dianggap sepele pun kadang akan membuat anak-anak marah. Jika sudah begini, cobalah untuk memberikan pelukan manja pada sang anak. Dan ketika sedang memeluk, ucapkan kata-kata yang dapat membesarkan hatinya.

  • Ajaklah berkomunikasi

Cara bagaimana sebuah keluarga berkomunikasi kadang merupakan pangkal dari masalah ini. Orang tua yang enggan berbicara pada anak akan membuat kondisi psikologisnya menjadi labil. Akibatnya hanya akan timbul kemarahan yang terpendam.

Baca Artikel Lainnya :

  • Peka terhadap perasaan

Dalam istilah sekarang, anak kecil sering bawa perasaan (baper), karena hanya dengan disentil sedikit langsung marah. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan perasaannya. Lihatlah dan tanyalah apa yang sedang dirasakannya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *