Tips Meningkatkan Pronunciation Saat Menggunakan Bahasa Inggris

Betapa jengkelnya jika kita sudah panjang lebar berbicara menggunakan bahasa Inggris, tetapi lawan bicara kita tidak memahami apa yang sedang kita bicarakan.

Mungkin bukan lawan bicara kita yang tidak memahami atau tidak bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris, namun bisa saja pengucapan bahasa Inggris kita yang belepotan alias kurang sempurna.

p 39

Pronunciation atau pengucapan dalam bahasa Inggris merupakan salah satu faktor penting saat kita berkomunikasi dengan orang lain. Akan tetapi, kemampuan pengucapan ini tidak dapat kita pahami secara kilat. Melainkan, kita wajib melatih secara konsisten dan berbagai teknik agar mampu menguasainya.

Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk melatih dan meningkatkan pronunciation kita, berikut beberapa diantaranya;

Menyanyikan Lagu Berbahasa Inggris: Siapa yang tidak suka menyanyi, tentunya banyak dari kita yang menyukai kegiatan ini baik sendiri atau bersama sahabat atau keluarga. Dengan menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris, secara tidak langsung kita dapat melatih pronunciation.

Kita dapat melakukan hal ini di tempat karaoke atau dirumah. Ketika melakukan hal ini, amati dan dengarkan pengucapan dari penyanyi tersebut dan berusahalah mencocokannya dengan liriknya serta ikut menyanyikannya. Cara ini dianggap paling efektif, karena lebih mudah dilakukan dan paling banyak digunakan.

Menonton Film Berbahasa Inggris: Selain dengan bernyanyi, cara yang paling efektif dan banyak dilakukan adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Tentu cara ini paling popular, karena film-film luar negeri sebagian besar menggunakan bahasa Inggris dan sekaligus dapat menghibur kita.

Usahakan untuk memperhatikan cara pengucapan dari setiap kata, cara bicara, hingga maknanya. Meski sama-sama menggunakan bahasa Inggris, tetapi setiap Negara seperti Inggris, Amerika, dan Australia memiliki gaya pengucapan yang berbeda.

Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan bantuan subtitle berbahasa Inggris. Selanjutnya, usahakan meniru gaya bicara pemain pada film tersebut.

Mendengarkan dan Menirukannya: Selain dengan menyanyikan lagu dan menonton film berbahasa Inggris, masih ada satu cara lagi agar dapat memperbaiki pronunciation kita yaitu dengan menggunakan software kamus bahasa Inggris.

Cara ini bisa dikatakan yang paling tua dari pada cara yang lainnya, karena sudah sejak lama diterapkan bagi pelajar yang ingin memperbaiki cara pengucapan bahasa Inggris mereka. Jika ingin menggunakan cara ini, kita hanya perlu menyediakan software kamus Inggris.

Sebagai catatan, sebaiknya memilih kamus oxford atau Cambridge. Karena selain menyediakan kata, kedua kamus tersebut juga menyediakan cara-cara pengucapannya melalui suara. Sehingga, setelah mendengarkan kata-kata yang diucapkan. Kitapun bisa mencontoh dan mengulanginya sesuai dengan suara yang dikeluarkan oleh software tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa tips meningkatkan pronunciation saat menggunakan bahasa Inggris, semoga bermanfaat dan mampu meningkatkan pengucapan kita saat menggunakan bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *