Tips Menjaga Nutrisi Tetap Terjaga Saat Merebus Sayuran

Seperti yang kita semua tahu bahwa sayur memiliki gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Hal ini mengartikan bahwa untuk proses memasaknya diperlukan langkah yang hati – hati dan tepat agar selama memasak nutrisi yang terkandung di dalam sayur tidak berkurang apalagi sampai hilang.

e 63

Suka atau tidak, cara memasak kita akan mempengaruhi kandungan nutrisi dalam sayur tersebut. Salah satu bukti nyata adalah ketika kita merebus sayur terlalu lama, air rebusan akan berwarna sesuai dengan warna sayur yang dimasak.

Ini berarti nutrisi dan kandungan lain sayur tersebut telah luntur sebagian dan besar dan larut dalam air. Hal tersebut tentu sangat disayangkan, mengingat tujuan kita mengkonsumsi sayur adalah untuk mendapatkan berbagai kandungan nutrisi baik yang ada di dalamnya.

Cara yang bagaimana yang cukup aman bagi sayuran agar nutrisinya tetap terjaga? Cobalah kedua cara ini:

1. Cara mengukus

Nilai lebih dari memasak sayur dengan mengukus adalah bahwa sayur tidak perlu dimasak dengan campuran air, sehingga nutrisi yang terkandung tetap terikat di dalam sayurnya.

Yang perlu diingat dari metode mengukus adalah, tetap sama, jangan dilakukan dalam waktu yang lama. Cukup beberapa menit hingga sayur berubah tekstur menjadi sedikit lunak, kemudian angkat sayur dan tiriskan.

2. Cara memanggang

Keuntungan dari memasak sayur dengan memanggang hampir sama seperti metode mengkus, dimana sayur tidak perlu dimasak dengan campuran air. Namun biasanya memasak dengan metode memanggang akan membuat sayur lebih nikmat untuk dimakan jika menggunakan sedikit minyak di dalam prosesnya.

Anda tidak perlu khawatir akan penggunaan minyak ini karena minyak digunakan dapat berupa minyak bunga matahari, minyak biji anggur maupun minyak zaitun yang baik bagi tubuh dan tidak mengandung lemak berlebihan.

Baca Artikel Lainnya :

Dipenutup artikel ini, kembali saya ingatkan karena biasanya sayur ditanam di alam terbuka, selalu cuci sayur sebelum dimakan atau sebelum dimasak.

Alangkah lebih baik jika sayur yang kita makan adalah jenis sayur organic yang biasanya dalam proses penanaman hingga panen, sangat minim terpapar bahan kimia anti hama dan pupuk kimiawi lainnya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *