Tips Menjalankan Bisnis Dengan Teman Supaya Lancar

Tips Menjalankan Bisnis Dengan Teman Supaya Lancar – Seperti yang kita ketahui bersama, manusia merupakan makhluk social, yang tidak dapat dipungkiri lagi akan selalu memiliki sifat membutuhkan orang lain pada kehidupannya. Oleh sebab itu, kebutuhan dari setiap manusia itu bisa saja diwujudkan dengan landasan rasa percaya.

1

Bisnis tidak akan terlepas jauh dari system kepercayaan. Bisnis yang dibangun oleh dua sekawan atau lebih haruslah memiliki kesamaan ide, cara pandang, kepercayaan, dan saling menutupi kekurangan yang dimiliki masing-masing individu. Akan tetapi dalam kenyataannya, seringkali terjadi krisis kepercayaan pada sebuah bisnis yang dijalankan dengan teman.

Pada umumnya, hal tersebut bisa terjadi disebabkan karena ego dari masing-masing pihak, serta lalai membuat peraturan yang sudah disepakati bersama sejak awal dibukanya bisnis tersebut. Tentu saja hal yang tidak terelakkan pun terjadi, mulai dari kehancuran bisnis dan bertambahnya jumlah pengangguran.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sangat penting bagi Anda mengetahui beberapa tips menjalankan bisnis dengan teman supaya lancar seperti di bawah ini :

1. Modal

Permodalan memang menjadi hal yang penting dalam menjalankan bisnis baru. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bagaimana cara untuk mengumpulkan modal tersebut. Apakah Anda dan partner bisnis Anda akan mengeluarkan modal dengan jumlah yang sama atau tidak. Tentu saja modal yang dikeluarkan akan menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan besaran pembagian keuntungan, atau untuk membagi saham perusahaan.

2. Kesepakatan Dari Awal

Meskipun Anda ingin menjalankan bisnis dengan teman baik Anda sekalipun, tetap saja mengharuskan Anda untuk membuat kesepakatan sedari awal. Perlu diketahui jika kesalahan besar dalam berbisnis dengan teman ialah prinsip untuk melihat bagaimana hasilnya nanti saja. Padahal, membuat kesepakatan dari awal merupakan kunci sukses supaya Anda dan partner bisnis Anda dapat menaati setiap rambu yang aturan yang sudah disetujui bersama.

3. Pembagian Tugas

Jika Anda ingin menjalankan bisnis dengan tiga hingga lima orang teman Anda, pembagian tugas juga sangat penting untuk dipikirkan dan ditetapkan bersama sebelum bisnis tersebut resmi dibuka.

Dari awal, Anda harus menentukan tugas masing-masing orang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk memajukan bisnis. Berusahalah supaya setiap pelaku bisnis di perusahaan Anda memiliki learning curve yang sama. Seperti misalnya menunjuk orang yang sudah berpengalaman untuk menjadi akunting, marketing, dan sebagainya.

4. Merekrut Tenaga yang Dibutuhkan

Jika ada salah satu posisi yang tidak memiliki tenaga ahli, maka Anda bisa merekrut tenaga yang dibutuhkan, tentu saja dengan persetujuan dari seluruh partner bisnis Anda. Satu hal paling penting yang harus diperhatikan adalah untuk tetap mengawasi dan selalu menerapkan system pelaporan supaya dapat mencegah adanya manipulasi oleh tenaga ahli yang Anda rekrut tersebut.

Sangat disarankan supaya Anda dan rekanan bisnis lainnya dapat belajar sedikit demi sedikit dari tenaga ahli tersebut supaya lebih memahaminya di kemudian hari dan agar tidak terlalu bergantung padanya saja.

5. Sistem Bagi Hasil

Memang, system bagi hasil atau keuntungan kadang kala menjadi satu hal paling sensitive pada saat Anda menjalankan bisnis dengan teman. Akan tetapi, meskipun merasa agak risih, Anda tidak perlu sungkan-sungkan untuk membahasnya. Sebab, Anda perlu menetapkan system bagi hasil yang menjadi kesepakatan bersama rekan bisnis sebelum bisnis tersebut berjalan untuk menghindarkan perselisihan di kemudian hari.

Jika partner bisnis Anda hanya bersifat sebagai penanam modal saja, sedangkan Anda yang harus menjalankan bisnisnya sendiri, mungkin bisa membagi 40 : 60. Namun, jika Anda dan partner sama-sama mengeluarkan modal dan bekerja untuk menjalankan bisnis tersebut, bisa membuat pembagian hasilnya menjadi 50 : 50.

Nah demikianlah yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini mengenai ” Tips Menjalankan Bisnis Dengan Teman Supaya Lancar” semoga tips ini bisa memberikan manfaat untuk anda dalam bidang usaha berserta teman anda dan semoga bisa mendapatkan keuntungan yang snagat besar.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *