Tips Menyikapi Anak yang Sombong dan Suka Pamer

Ketika mellihat anak yang suka memamerkan barang pribadinya, yang terlintas dalam pikiran biasanya adalah anak yang sombong. Meskipun kenyatannya seperti demikian, namun alangkah baiknya jika tidak mencampuri urusannya.

r 138

Ada banyak alasan mengapa anak tersebut berperilaku sombong, salah satunya adalah ingin diakui. Kadang kala, pengakuan yang diberikan justru akan membuatnya semakin sombong. Karenanya, sikap hati-hati sangat diperlukan dalam mengatasi keadaan seperti ini.

Melihat anak yang suka pamer memang menjengkelkan, meskipun itu anak yang masih kecil. Imbasnya, orang tua juga yang kena getahnya.

Saat ada temannya yang pamer dengan mainan terbaru, maka jangan heran kalau sang anak akan meminta mainan yang sama pada orang tuanya.

Sayangnya jika permintaan tidak dituruti, maka sang anak akan merengek dan menangis. Ketika sang anak sudah begini, diperluka langkah tepat untuk menangani hal ini agar sifatnya tidak terbawa sampai dewasa.

Berikut adalah kiat menyikapi anak sombong.

  • Tanamkan sifat sederhana

Anak-anak adalah seorang peniru yang baik. Seorang anak yang sombong pastinya belajar dari lingkungan yang paling dekat, yaitu orang tua. Karenanya, sebelum menanamkan sifat kesederhanaan, ada baiknya untuk melakukan evaluasi diri terlebih dahulu.

  • Berikan pengertian sombong

Pamer merupakan sifat yang tidak baik, tanamkan pengertian ini pada sang anak sedini mungkin. Berikan pengertian bahwa sifat sombong tidak menghasilkan apa-apa bahkan isa dijauhi oleh temannya. Gunakan media cerita atau dongeng ketika memberikan penjelasan.

  • Katakan tidak perlu

Pamer merupakan buruk yang harus dihindari, jadi pamer tidak perlu dilakukan. Katakan pada anak bahwa sifat sombong hanya akan mendatangkan keburukan. Sombong dapat disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua. Karenanya, berikan perhatian agar anak tidak pamer.

  • Bertanyalah tentang alasan

Sesekali, tanyakan pada sang anak kenapa berlaku demikian, apa yang melatari sifat tersebut. Yang perlu diingat, jangan langsung memarahi sang anak karena hanya akan membuat mentalnya semakin terganggu. Buatlah senyaman mungkin agar anak mau menjawab.

Baca Artikel Lainnya :

  • Jangan mengecap sombong

Jika orang tua mendapati anaknya sedang pamer atau bahkan berbohong, hendaknya jangan langsung mengecapnya dengan anak sombong. Ada kemungkinan sang anak melakukan ini karena sedang mengenalkan diri pada teman baru atau bisa saja lagi kesal dengan orang tua.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *