Tips Merawat Rambut Smoothing Dengan Cara Alami

Sexy, cantik, dan elegan merupakan gambaran seorang wanita yang memiliki rambut sehat secara alami berkat melakukan perawatan rambut smoothing. Masalahnya adalah pada seorang wanita yang berambut lurus, mereka biasanya terlihat lebih menarik daripada wanita lainnya yang memiliki rambut berombak.

i 59

Tapi anda harus tetap berhati – hati karena perawatan rambut hasil smoothing tidak akan mampu bertahan lama manakala untuk selanjutnya anda kurang rajin melakukan perawatan tambahan di rumah dengan baik dan benar.

Maka dari itu, penting kiranya mempelajari tentang perawatan rambut smoothing yang tepat. Berikut kami akan membagikan beberapa diantaranya :

1. Hindari keramas setelah smoothing

Keramas merupakan aktivitas pembersihan rambut yang cukup efektif memberikan fungsi menjaga kebersihan rambut anda, tapi harus dilakukan setiap hari.

Setelah anda melakukan perawatan rambut dengan cara smoothing maka tunggulah beberapa hari untuk tidak keramas. Hal ini bertujuan agar obat pelurus rambut yang diaplikasikan lebih meresap ke dalam pori – pori kulit rambut.

Ada dua pilihan yang wajib anda lakukan, anda bisa menunggu selama 3 hari, atau menunggu selama 7 hari. Disarankan untuk menunggu 7 hari saja, karena lebih ideal untuk memberikan kesempatan pada pori – pori kulit rambut dalam melakukan penyerapan obat pelurus rambut, nah barulah setelah 7 hari anda bisa melakukan keramas.

2. Hindari hairdryer, cukup diamkan kering dengan angin saja

Di Indonesia, rata – rata rambut para wanita adalah bergelombang sehingga banyak diantara mereka melakukan perawatan rambut dengan cara smoothing, terkadang mereka menggunakan hairdryer untuk mempermudah mereka dalam meluruskan dan mengeringkan rambut.

memang dalam jangka waktu pendek hal ini benar dilakukan, tapi perlu dicatat, penggunaan hairdryer secara berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kelembaban rambut hilang, akibatnya adalah rambut menjadi kering dan kusam.

Menurut logika, hairdryer yang bersifat panas akan berpotensi besar memicu kelembaban air pada bagian rambut anda menjadi berkurang.

Maka dari itu, hindarilah alat pengering rambut tersebut terlalu sering, saran kami adalah keringkan rambut secara alami saja. seperti sehabis keramas, biarkan rambut terkena angin sepoi – sepoi hingga benar – benar kering.

3. Melakukan trim pada bagian rambut

Terkadang hasil rambut smoothing rentan terkena resiko rambut bercabang, terutama pada bagian ujungnya. Untuk mengatasi, anda bisa melakukan pemotongan atau trim pada bagian ujung rambut secara teratur setiap satu bulan sekali.

Namun jika kondisi rambut anda sudah sangat parah maka silahkan kunjungi artikel tentang cara mengatasi rambut bercabang yang paling parah di internet.

4. Gunakan sisir yang tidak terlalu rapat

Sisir yang terlalu rapat akan menyebabkan rambut anda menjadi mudah rontok, meskipun rambut smoothing biasanya sangat mudah untuk drapikan atau disisir, terutama hasil rambut smoothing yang pertama kalinya.

Solusinya adalah pilihlah sisir yang jarang.  Juga, sisir berbahan dari kayu bisa anda gunakan untuk menyisir rambut sesering mungkin karena sisir dari kayu tidak akan menimbulkan listrik statis seperti pada sisir berbahan plastik, hal ini membantu smoothingan anda menjadi lebih baik dan tahan lama.

Ketika menyisir rambut lakukanlah dengan pelan – pelan saja karena rambut smoothing 5x lebih beresiko rentan terkena kerusakan akibat penyisiran yang dilakukan terlalu kasar apalagi jika rambut anda adalah hasil smoothingan sendiri yang dilakukan di rumah tanpa bimbingan ahli salon.

5. Jangan mengucir atau mengikat rambut terlalu kuat

Apabila rambut anda adalah hasil smoothing maka anda harus memperhatikan hal kecil berikut ini : hindari mengucir atau mengikat rambut terlalu kuat, karena rambut smoothing sangat rentan mengalami kerusakan.

Bahkan resiko rambut smoothing rusak setelah diikat sangat kuat adalah sebesar 80 %, apalagi jika anda mengucir dalam jangka waktu yang cukup lama.

Maka dari itu, mulai sekarang hindarilah mengucir atau mengikat rambut terlalu kuat, kalaupun anda ingin merapikan rambut panjang anda, silahkan memakai bantuan bando pada bagian kepala atau menyanggul rambut dengan cara tradisional.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh para ahli rambut, dengan anda sering mengganti sarung bantal memakai kain dari bahan satin, maka akan bermanfaat untuk mengurangi efek kusut dan mengembang pada rambut hasil smoothing anda.

Baca Artikel Lainnya :

Sehingga saat anda bangun, rambut tidak akan berantakan. Jika semua tips di atas anda terapkan dengan teratur di rumah, dijamin rambut anda akan sehat dan terlihat indah secara alami.

Itulah beberapa cara merawat rambut smoothing agar tetap tahan lama tentang kelurusannya. Silahkan mulai sekarang anda terapkan di rumah dengan kesungguhan hati, beberapa tips diatas secara rutin pada waktu – waktu tertentu.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *