Tips Mudah Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Tips Mudah Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa – Berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan umat islam, karena hanya dalam satu tahun sekali melakukan puasa di bulan suci ramadhan. Ketika berpuasa pasti akan menurunkan kinerja organ yang biasanya memproduksi kini tidak. Hal tersebut memang tidak di pungkiri, karena organ dalam biasanya mencerna makanan dengan baik setiap  waktu kini tidak karena asupan makanan di kurangi dan hanya akan memproduksi kembali ketika menjelang berbuka puasa.

2.1

Namun hal tersebut jangan dikhawatirkan karena organ dalam juga dapat menyesuaikan kondisi tubuh secara otomatisnya. Hal tersebut akan mengakibatkan menurunkanya energi di dalam tubuh, dan mengakibatkan perubahan kinerja organ menjadi lambat. Namun perlu diketahui juga bahwa berpuasa juga sangat menyehatkan organ dalam karena organ dalam dapat beristirahat dan tidak memproduksi ketika makanan tidak ada di dalam perut. Ada beberapa tips yang sangat mudah agar tetap sehat selama berpuasa di bulan ramadhan, diantara adalah sebagai berikut.

1. Mengatur  makan dan minum

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengatur pola makan dan minum, anda bisa mengatur makan dan minum di mulai dari sahur yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat buah dan sayuran sehingga akan membantu melancarkan kinerja organ dan menyehatkan kondisi tubuh dengan baik. Sedangkan minuman juga harus di perhatikan, konsumsi minum ketika sahur dan menjelang puasa yang banyak mengandung karbohidrat atau glukosa agar selama berpuasa dapat bertahan lama dan menyehatkan kesehatan tubuh.

2. Tidak tidur setelah sahur

Kebanyakan kalangan remaja atau dewasa ketika sahur selesai langsung tidur, namun hal tersebut bukanlah sangat baik untuk kesehatan karena akan mempengarui kesehatan tubuh dan mengakibatkan gangguan kesehatan selama berpuasa. Oleh karena itu, sebaiknya anda harus tidak tidur seteah sahur karena selain menyehatkan juga dapat membantu menambah pahala seperti membaca al – quran dan shalat subuh serta melakukan olahraga ringan.

3. Tidur siang tidak terlalu lama

Ketika berpuasa istirahat memanglah sangat baik untuk kesehatan dan menambah pahala, namun jika istirahat berlebihan saat tidur siang akan mengurangi pahala karena makru dan juga akan mengakibatkan kondisi tubuh menurun di akibatkan oleh peningkatan kadar darah ke otak sehingga pusing, dan bahkan membuat lemah atau lemes. Oleh sebab itu, harus menghindari tidur siang secara berlebihan yang akan menurunkan tingkat kebugaran dan kesehatan anda selama menjalankan puasa.

4. Memperbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah memang sangat baik selama bulan suci ramadhan, dikarenakan akan di lipat gandakan pahala untuk umat islam yang melakukan amal kebaikan di dunia. Namun tahukah anda bahwa beridah juga sangat menyehatkan fisik dan otak di karenakan setiap gerakan dalam beribadah memberikan refleks yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga :

Itulah tips mudah agar tetap sehat selama menjalan ibadah puasa di bulan ramadhan semoga informasi berguna dan bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *