Tips Mudah Membuat Minuman Herbal : Teh Serai

Tips Mudah Membuat Minuman Herbal : Teh Serai – Serai (sereh) merupakan tanaman herbal yang ampuh dimanfaatkan untuk mengurangi demam atau meringankan kram pada perut.

Di samping itu, serai juga bagus buat melancarkan sistem kerja pencernaan, terutama pada anak-anak, serta dapat membantu meringankan rasa nyeri pada radang sendi.

laptop

Maka dari itu, tanaman ini banyak dikembangbiakkan secara pribadi di halaman rumah untuk keperluan pengobatan tradisional dimana saat anda akan melakukannya, pastikan memakai sarung tangan untuk melindungi tangan anda saat harus menarik rumpun-rumpun serai sehingga tangan anda tidak terluka dan acara berkebun pun menjadi lancar.

Gunakan pisau tajam jika kesulitan dalam menariknya secara langsung dengan memakai tangan.

Manfaat batang serai untuk kesehatan

Batang serai berbentuk berbuku-buku. Bagian serai yang dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan adalah batang serai yang berwarna putih.

Selain sebagai bahan penyedap rasa dan bahan anti serangga, serai sering digunakan dalam dunia kesehatan karena di dalamnya banyak terdapat kandungan yang bagus dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan herbal. Berikut kami berikan manfaat serai lebih lengkap dalam dunia kesehatan :

Dapat memutihkan gigi menguning

Gigi menguning pada seorang perempuan jelaslah menyebabkan anda merasa kurang percaya diri, bukan ? Anda akan merasa canggung jika tersenyum karena gigi tak putih.

Terutama untuk perokok, pastilah terdapat noda kuning pada giginya. Hal ini bisa di atasi dengan cara sederhana.

Yaitu dengan memakai serai sebagai obat penangkal. Caranya adalah tumbuk batang serai putih sampai keluar sarinya, campur dengan sedikit arang dapur yang sudah digerus.

Gosokkan pasta ini pada permukaan gigi setiap pagi hari sebelum anda sikat gigi. Lakukan hal ini minimal seminggu 3x secara rutin hingga dirasa ada perubahan yang terjadi pada warna gigi anda.

Menyembuhkan perut kembung

Teh serai sejak dulu terbukti ampuh buat meringankan sakit perut kembung. Kandungan yang ada di dalam batang serai ampuh untuk mengurangi angin yang menumpuk di dalam usus termasuk di dalam perut.

Serai mencegah bertambahnya gas menumpuk dalam usus yang menyebabkan perut anda menjadi kembung.

Selain itu, anda bisa mengoleskan minyak sari serai ke perut, caranya adalah dengan menumbuk batang serai putih sampai mengeluarkan sarinya lalu campur dengan minyak angin. Oleskan pada perut kembung selama sakit.

Vitamin atau nutrisi pada syaraf

Kandungan pada batang serai terbukti ampuh untuk meningkatkan system kerja syaraf. Hal ini terjadi karena batang serai bersifat menghangatkan dan melemaskan otot sehingga sistem kerja syaraf akan bekerja dengan baik. Serai juga ampuh untuk digunakan meredakan kejang.

Untuk memperbaiki sel-sel mati pada kulit

Anda bisa menggunakan kosmetik tradisional yang mengandung serai. Manfaat dari penggunaan kosmetik yang mengandung serai adalah ampuh buat mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah dan tubuh anda sehingga ketika anda sedang membersihkan bekas make-up di wajah atau mandi dengan kosmetik atau sabun yang mengandung serai, dijamin sel-sel mati pada kulit wajah dan tubuh anda akan ikut terangkat dengan sempurna.

Mengobati penyakit kulit

Serai bisa anda manfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit kulit. Misalnya jamur pada kulit.

Kandungan pada batang serai terbukti ampuh membunuh jamur yang bersarang pada kulit. Penggunaan yang dilakukan secara terus-menerus akan bisa menghilangkan noda yang ditinggalkan oleh jamur pada kulit anda.

Minuman Herbal : Teh Serai

Manfaat serai akan terasa jika anda pandai mengaplikasikannya menjadi minuman hangat yang bagus buat menjaga kesehatan tubuh.

Cara membuatnya sangat sederhana, sediakan dua batang serai yang baru dipetik dari pekarangan rumah, bersihkan dari sisa-sisa tanah dan buang lapisan daun terluar karena daun paling luar ini tidak bermanfaat samasekali, mereka hanya akan memberikan rasa pahit dan gatal di mulut jika dipaksakan digunakan. Setelah itu, potong batang serai yang berwarna putih menjadi irisan-irisan kecil.

Masukkan ke dalam gelas saji. Tuangkan air mendidih ke dalam gelas dan biarkan larut selama lima menit.

Aduk-aduk teh sebentar saja kemudian saring potongan serai dari gelas ke cangkir untuk menikmati teh serai tanpa ampas.

Baca Artikel Lainnya :

Tambahkan madu dan susu murni tanpa gula ke dalam teh serai ( jika anda suka ) kemudian aduk rata. Minumlah selagi hangat – hangat kuku.

Demikian ulasan singkat dari kami, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *