Tips Mudah Mengusir Hama Tikus dan Semut

Tips Mudah Mengusir Hama Tikus dan Semut – Bukankah sebal rasanya jika ketika Anda memelihara terdapat beberapa hama tanaman yang akan menghambat pertumbuhan dari tanaman yang Anda besarkan dengan susah payah. Beberapa hama tanaman ini memang sangat mengganggu, dalam satu sisi sebenarnya hama ini justru menunjukkan bahwa tanaman yang sedang ditanam memiliki kualitas yang baik dan terhindar dari bahaya, tetapi dari sisi lain hal ini membuat panen Anda menjadi sangat terganggu.

Untitled

Dua hama yang mungkin saja paling sering Anda temui adalah semut dan juga tikus. Duo maut hama ini hampir seringkali merusak mood karena hasil panen dari tanaman atau buah Anda akan menjadi buruk dan terganggu. Bayangkan saja apakah Anda mau makan makanan yang merupakan bekas dimakan dengan tikus? Terkadang membayangkan bentuk dari tikus saja dapat membuat Anda merasa merinding apalagi berbagi makanan dengannya. Untuk hama semut memang tidak memiliki andil yang sangat mengganggu jika semut yang mengganggu hanya satu jumlahnya. Tetapi jika semut yang menyerang berbondong-bondong dengan seluruh anggota kampungnya maka akan menjadi masalah serius bagi Anda.

Langkah Mengusir Hama Tikus

Berikut ini adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengusir tikus, yang pertama adalah dengan mempersiapkan beberapa buah mengkudu yang telah dibagi menjadi dua atau lebih sesuai dengan keinginan Anda. letakkan beberapa buah mengkudu tersebut di daerah yang kemungkinan besar menjadi tempat yang dilalui tikus. Bau mungkudu yang menyengat akan membuat si tikus kapok untuk mencuri makanan atau tanaman Anda.

Langkah kedua adalah dengan mewarnai tikus yang merupakan salah satu hasil tangkapan Anda. Hal ini akan membuat dampak dan efek jera pada tikus untuk kembali lagi ke halaman Anda karena merasa malu dan berbeda dengan teman-temannya. Langkah ini mungkin saja bukan cara yang tepat bagi Anda yang takut dengan binatang menjijikkan yang satu ini. Anda dapat meminta orang terdekat atau rekan Anda untuk melakukan kegiatan ini kepada si tikus.

Langkah Mengusir Semut

Bagi Anda yang memiliki aneka tumbuhan atau pepohonan di rumah Anda dan mendapati segerombolan semut yang menyerbunya maka Anda perlu memberinya borak atau juga cairan pengawet yang dicampur dengan gula dan air secukupnya. Kemudian semprotkan cairan tersebut terhadap gerombolan semut yang Anda ditemui. Dijamin semut tersebut akan hilang keesokan harinya.

Langkah kedua yang mungkin dapat anda lakukan adalah dengan cara memberinya bubuk dari bedak bayi. Hal ini akan membuat para semut yang menghiasi pohon atau tanaman Anda menjadi menyingkir dan berpindah rumah. Memang kejam rasanya jika sesama makhluk hidup justru membunuhnya, tetapi jika keberadaan mereka memang menimbulkan kerugian maka cara ini dirasa tidak begitu terlihat dan terdengar kejam.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *