Tips Mudah Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan

Tips Mudah Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan – Kesehatan lingkungan merupakan salah satu kebutuhan penting, apalagi kondisi tersebut saling mempengaruhi kesehatan diri seseorang. Bagaimana tidak, dari lingkungan yang sehat, pasti akan terhindar dari aneka kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Untitled

Berbeda dengan lingkungan kotor, pasti tubuh akan rentan sakit. Terlebih lagi kuman penyakit lebih menyukai tempat-tempat yang kumuh dan kotor. Untuk itu, perhatikanlah lingkungan sekitar Anda, apabila ingin mendapatkan kesehatan yang baik pula. Bahwa tidak memperkecil kemungkinan dalam sebuah lingkungan yang sehat, tumbuhlah jiwa yang sehat pula.

Menjaga lingkungan agar tetap terjaga tidaklah sulit, dan akan lebih mudah lagi bila melakukan kebersihan lingkungan setiap hati. Terutama untuk area rumah dan sekitarnya, di setiap sudut ruang, hingga halaman luar di bagian samping, depan ataupun belakang. Dalam penjagaan tersebut, akan lebih baik dan maksimal bilamana dilakukan oleh kesadaran setiap individu. Sehingga, satu sama lain sama-sama menjaga lingkungan rumah.

Saat menjaga sekaligus merawat rumah agar seluruh rumah terbebas dari bahaya serangga ataupun sarang nyamuk dll, bisa dimulai dengan penerapan berikut ini:

  • Membersihkan lantai setiap hati, entah itu pada area di dalam rumah ataupun di luar.
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Menguras bak mandi selama 2 hari sekali.
  • Menguras tempat untuk tandon air selama 1 bulan sekali.
  • Menambahkan lingkungan rumah dengan beberapa tumbuhan, seperti tanaman bunga ataupun tanaman yang lainnya.
  • Bila mempunyai hewan piaraan, selalu bersihkan tempatnya.
  • Bila ada binatang ternak, sebaiknya tempatkan agak jauh dari lingkungan rumah dan selalu merawat dan mengurusnya. Guna mencegah bilamana mereka sakit ataupun dapat menularkan penyakit dari bakteri yang dibawanya.

Sebenarnya, menjaga kesehatan lingkungan rumah saja tidak cukup. Perlu juga menerapkan adanya kebersihan demi kesehatan lingkungan sekitar. Dalam hal ini diperlukan treatment yang lebih kompleks, yaitu dilakukan secara kelompok dalam lingkup area tersebut. Cara pun cukup mudah, seperti:

  • Melakukan gotong royong untuk bersih desa selama 1 atau 2 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan pekarangan ataupun jalan-jalan di sekitar pemukiman dalam keadaan bersih dan aman, sehingga terbebas pula dari sarang nyamuk ataupun hewan yang lainnya.
  • Menyediakan tempat sampah umum, sehingga para warga yang berada di pinggir jala tidak membuang sampah sesuka hati.
  • Menyediakan akses aliran selokan yang lancar, sehingga bila di musim penghujan tidak terhambat.

Dari beberapa proses tersebut, tentu saja dapat dimulai dari kesadaran diri sendiri. Terlebih lagi pekerjaan ini tidak sulit, bahkan memberikan manfaat yang lebih bagi setiap orang dimanapun berada. Selain itu, dapat menghindarkan diri dari wabah penyakit, entah itu di lingkungan rumah ataupun di luar rumah. Karena dalam kesehatan tubuh, merupakan salah satu hal yang dipengaruhi oleh kebersihan dan keadaan lingkungan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *