Tips Praktis Untuk Mengetahui Kualitas Kain Batik Sebagai Bahan Dasar Membuat Beragam Busana Pria Dan Wanita

Ketika anda berada di pusat penjualan batik terbesar di Indonesia seperti kota Jogjakarta, Denpasar, atau daerah lainnya yang terkenal sebagai penghasil batik terbesar di Indonesia.

j 7

Anda pasti akan kebingungan untuk memilih mana kain batik kualitas nomer satu dan mana kain batik kualitas sedang hingga yang paling jelek. Kualitas kain batik sangat menentukan kualitas busana yang akan diciptakan nantinya seperti apakah untuk membuat busana pria atau dress – dress cantik wanita.

Berikut ini adalah ciri – ciri batik tulis berkualitas bagus yang kami ambil contohnya dari jenis kain batik tulis Madura :

1. Menggunakan kain yang bagus

Salah satu tips untuk mengetahui mana ciri batik yang bagus dan mana batik yang jelek adalah bisa dilihat dari kain yang dibatik. Contohnya untuk jenis kain batik yang biasa diaplikasikan untuk batik Madura. Kain batik yang dimanfaatkan oleh pengrajin batik tulis Madura diantaranya adalah :

  • Kain santun
  • Kain katun
  • Kain sadak
  • Kain super B
  • Kain primis
  • Kain tiga bendera
  • Kain kereta kencana
  • Kain Sutra

Kualitas kain yang paling jelek bisa dimulai dari yang paling atas (kain santun), dan semakin ke bawah maka kualitas kain semakin bagus. Jadi kain santun merupakan kain yang paling jelek sedangkan kain sutra adalah kain terbagus untuk membatik khususnya di Madura.

Batik tulis Madura yang mengaplikasikan kain santun dan kain sadak akan menghasilkan kualitas kain yang jelek, alasannya adalah untuk pangsa pasar grosir dengan model busana santai seperti daster atau celana pendek wanita.

sedangkan model baju seperti dress atau kemeja mereka menggunakan kain batik kualitas nomer satu, hal ini dilakukan karena mereka khawatir akan rugi jika menggunakan kain kualitas nomer dua untuk model busana yang sifatnya elegan akan susah untuk dijual di pasaran.

2. Proses pewarnaan batik

Cara kedua untuk mengetahui jenis kain batik tulis Madura yang berkualitas bagus adalah dengan mengetahui berapa kali kain tersebut mengalami proses pewarnaan batik.

Informasi tentang proses pewarnaan batik bisa diperoleh melalui bertanya langsung ke penjual batik tulis Madura di pusatnya di Madura. Meskipun agak sulit untuk dilakukan, anda akan mendapatkan informasi tentang proses pewarnaan seperti : yang pertama adalah menggunakan pewarnaan dengan cara celup dan yang kedua adalah menggunakan pewarnaan seperti mewarnai di atas kertas putih.

Beragam proses pewarnaan dan teknik pewarnaan yang dikenal saat ini akan mempengaruhi kualitas serta harga batik tulis Madura.

Untuk mempelajari proses dan teknik pewarnaa terhadap kain batik tulis Madura bisa anda lihat dari warna batik itu sendiri, semua orang (termasuk masyarakat awam) kurang mampu membuat analisis yang tepat kecuali pengrajin batik itu sendiri atau orang – orang tertentu yang paham betul tentang batik tulis Madura hingga ke pewarnaan.

Hal penting yang perlu diperhatikan tentang pewarnaan adalah kenali terlebih dahulu pengetahuan tentang zat pewarna yang digunakan.

zat pewarna yang bagus adalah paling banyak dimanfaatkan oleh pengrajin batik tulis Madura yaitu zat pewarna yang tidak luntur dan zat pewarna yang mudah dikenal dengan nama zat/pewarna remazol, memiliki kelebihan yaitu kecerahan warnanya sangat tajam saat baru selesai dibuat tapi hanya untuk awal saja, selanjutnya anda harus berhati – hati dalam mencucinya.

Cara lainnya untuk mengetahui kualitas kain batik apakah bagus atau tidak adalah dari kehalusan dan kerapian motif atau desain batik itu sendiri haruslah unik dan eksklusif. Juga apakah kain batik yang anda pilih menggunakan motif pasaran atau tidak.

Baca Artikel Lainnya :

Bagi anda yang sulit untuk memahami, bisa perhatikan dan bandingkan harga antara batik tulis Madura kualitas bagus dengan yang biasa yaitu yang nomer satu memiliki harga di atas 1juta rupiah dan batik tulis Madura biasa cenderung jelek dibandrol harga 100 ribuan saja.

Itulah beberapa cara termudah untuk mengetahui apakah bagus tidaknya batik tulis Madura yang akan anda pilih, bagi anda yang kurang paham mengenai batik tulis Madura, disarankan untuk konsultasi pada ahlinya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *