Tips Sukses Menekuni Usaha Kain Batik Maimona

Bicara tentang Madura, anda pasti akan teringat dengan objek wisata olahraganya yang paling terkenal yaitu karapan sapi dan wisata kuliner berupa sate Madura.

Hal lain yang menjadi kebanggaan orang Madura asli adalah kain batik Madura yang berbeda dengan batik asli dari daerah lain di Indonesia seperti Cirebon, Yogya ataupun Solo, terletak dari ciri khas batik Madura adalah pengaplikasian warna dasar yang cerah dan beragam motif yang menggambarkan karakter khas dari masyarakat lokal.

l 113

” Warna – warna yang dipakai dalam kain batik Madura biasanya warna cerah, seringkali merah yang dipakai karena memiliki karakter warna yang keras dan kuat. Sama seperti karakter penduduknya, ” jelas Siti Maimona, pemilik dari Pesona Batik Madura sebagai rumah produksi busana batik Maimona untuk pria dan wanita.

Beliau menyampaikan hal ini saat ditemui dalam acara pameran Gerai Batik Nusantara di Plasa Pameran Industri, Departemen Perindustrian, Jakarta, Senin (8/9/2008) yang lalu.

Ciri khas paling menonjol yang dimiliki oleh batik Madura adalah banyaknya motif garis yang terpampang dalam satu desain batik. Tiap desain batik mengandung kisah atau cerita masing – masing yang melukiskan keseharian rakyat Madura yang berprofesi sebagai nelayan tradisional, pembuat garam dan petani.

Harga kain yang dtawarkan adalah bervariasi laiknya kain batik lain di Indonesia untuk sehelai kain batik Madura. Harga yang ditawarkan untuk satu helai kain Batik Madura adalah mulai dari yang paling murah seharga Rp 100.000 hingga yang paling mahal seharga Rp 3,5 juta.

Siti Maimona merupakan generasi keempat dari kelompok pengrajin batik asal Madura dimana keluarganya mulai merintis bisnis UKM ini sejak tahun 1950. Sempat mengalami pasang surut ketika masa peralihan dari generasi ketiga hingga memasuki generasi keempat.

Beliau mulai aktif menjalankan perusahaan pada tahun 1996. Agar tidak terlihat monoton, membosankan dan bisa berkembang lebih pesat, ia mencoba melakukan beberapa inovasi terbaru dalam memproduksi kain batik.

Salah satu yang ia lakukan bersama dengan team worknya adalah melakukan reproduksi desain kain batik lama digabung dengan sentuhan dari desain masa kini.

Busana yang diproduksi adalah koleksi blus batik Soft Batwing dalam warna – warna menarik dan kalem seperti ungu muda, pink, oranye muda, biru muda, krem, kuning muda dan yang lainnya.

Tersedia juga koleksi busana pria berupa kemeja batik semi sutra Farrel lengan panjang warna – warna kalem, batik hem coklat, kemeja batik kombinasi khas lengan pendek dan yang lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Saat ini, usaha batik Madura milik Siti Maimona telah berkembang pesat. Jumlah pengrajin kain batik tradisional yang berada dibawah benderanya sudah membengkak hingga 96 orang lebih (mendekati ratusan).

Dalam setahun, beliau mampu mengantongi pendapatan hingga Rp 2 miliar. Menurutnya, jumlah pendapatannya masih bisa naik jika melirik trend batik tahun ini yang sedang melanda tanah air dewasa khusus untuk kaula muda. Beliau berharap tahun ini akan berjalan lebih bagus dibandingkan tahun – tahun sebelumnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *