Tips Usaha Niaga Menguntungkan Melalui Facebook

Tips Usaha Niaga Menguntungkan Melalui Facebook – Seiring berjalannya waktu kini kesadaran untuk menekuni bisnis sendiri semakin kental sehingga banyak orang memulainya sejak dini.

Untitled

Kebutuhan manusia itu memang terbatas, namun akan sebaliknya dengan keinginan manusia berbelanja. Sebagai contoh, meskipun telah memilih baju baru dan belum sempat terpakai untuk acara apapun. Ketika datang ke sebuah toko maupun melihat toko online keinginan untuk membeli baju lagi tidak akan terbendung.

Setiap manusia cenderung untuk memiliki sifat tersebut, maka tidak akan keliru jika ada orang kreatif yang tertarik di dunia bisnis. Kemudian mulai memikirkan untuk berjualan, dimulai dari barang-barang yang mudah menarik minat pembeli. Jika dahulu keinginan berjualan sangat sulit, karena perlu modal besar untuk penyediaan stock barang, sewa tempat, biaya gaji karyawan, dan lain-lain.

Maka sekarang kondisi sebaliknya terjadi ketika masyarakat Kita mengenal dunia sosial media via internet. Lewat internet penjual dan calon penjual diberikan jembatan terbaik untuk menekuni usaha, apalagi usaha niaga.

Salah satunya ialah dengan menggunakan sosial media yang cenderung menjadi tempat berinteraksinya banyak orang. Facebook adalah salah satu sosial media yang dimanfaatkan oleh banyak orang dari semua kalangan.

Alasannya sederhana saja, sebab Facebook sendiri memiliki sistem pengoperasian yang sederhana sehingga mudah digunakan. Tidak heran jika pengguna sosial media Facebook hingga detik ini tidak pernah mengalami penyurutan peminat. Melihat hal ini maka ada baiknya memanfaatkan Facebook untuk kebutuhan toko online.

Bagaimana cara memanfaatkan facebook untuk niaga?

Facebook sendiri memberikan fasilitas bagi para pengusaha niaga untuk menawarkan produknya, yakni melalui halaman Fanpage. Langkah pertama untuk mendapatkan kemudahan berjualan melalui Facebook ialah dengan membuat halaman Fanpage tersebut.

Tidak perlu membuat akun baru, cukup akun lama Anda kemudian dijadikan sebagai akun admin bagi fanpage tersebut. Usai membuat halaman fanpage maka bisa mulai menawarkan berbagai produk yang dijual dengan cara mengupload gambar produk dagangan. Usai melakukan upload dagangan maka tinggal menunggu calon pembeli tertarik dengan barang tersebut.

Meskipun terdengar sederhana saja, namun agar menjadikan usaha niaga melalui Facebook mudah untuk menapaki sukses. Ternyata ada trik tersendirinya, trik tersebut antara lain:

  1. Membuat tampilan profesional

Toko online meski hanya bermodalkan media sosial Facebook tetap saja harus memperhatikan penampilannya. Toko online yang profesional dapat dilihat dari kesungguhan dalam mendesain sampul dan informasi penting di dalamnya menarik. Bisa memungkinkan desain sendiri sampul dan miliki logo resmi sebagai ciri khas olshop yang ditekuni. Kemudian cantumkan informasi mendetail pada Fanpage tersebut, baik kontak, harga, bahan, dan lain sebagainya.

  1. Melakukan promosi

Memiliki usaha niaga online juga tidak membebaskan pemiliknya dari kebutuhan melakukan promosi, bahkan sangat penting. Promosi menjadi salah satu kiat menyusun strategi menaikkan omzet penjualan bisa dilakukan melalui paid promote atau memanfaatkan layanan penayangan halaman fanpage Anda secara kontinyu. Cara promosinya mudah saja, dan beberapa disajikan Facebook secara gratis sehingga tidak perlu keluar biaya banyak.

  1. Mengupload foto secara teratur

Tidak ada salahnya langsung mengupload barang dagangan secara beruntun tanpa jeda, meski cara ini sedikit keliru. Berikan kesempatan pelanggan untuk membaca produk yang sudah dipublikasikan dan menunggu barang selanjutnya agar lebih tertarik. Jeda antara upload satu produk dengan produk lainnya bisa sekitar 10 menit atau lebih. Kemudian jangan ragu untuk memposting ulang gambar-gambar yang sudah diupload sebelumnya, sebagai bentuk informasi ketersediaan stock.

Baca Juga : Tips dan Trik Memilih Bisnis Tiket Pesawat

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Tips Usaha Niaga Menguntungkan Melalui Facebook

  1. Pingback: Berbisnis Toko Online Bagi Pemula | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *