Titiek Puspa Entertainer sepanjang masa

Titiek Puspa Entertainer sepanjang masa – Titik puspa Lahir dengan nama Sudarwati pada tanggal 1 November 1937 di Tanjung Kalimantan Selatan. Titik Puspa merupakan anak perempuan dari pasangan Tugeno Puspowidjojo dan Siti Mariam. Kemudian keluarganya mengubah namanya menjadi Kadarwati dan akhirnya merubahnya lagi menjadi Sumarti.

titikpuspa

Setelah memenangkan beberapa kompetisi bernyanyi, Titik Puspa memutuskan untuk menjadi seorang entertainer, saat itu umurnya sekitar 14 tahun. Orang tuanya saat itu melarangnya untuk melakukan itu. Namun, saat ini Titik Puspa merupakan salah satu penyanyi dan pencipta lagu yang banyak dikeanl di Indonesia. Bahkan Rolling Stone Indonesia telah memilih dua lagu Titik Puspa Kupu-kupu malam dan Bing sebagai beberapa lagu terbaik Indonesia sepanjang masa.

Saat itu, setelah memenangkan kompetisi menyanyi di Radio Republik Indonesia di Semarang, jawa tengah. Titik Puspa diminta oleh Sjaiful Bachri untuk bernyanyi dengan Jakarta Symphony Orchestra.

Setelah penampilannya dengan lagu milik Ismail Marzuki ‘Chandra Buana”, sebuah kelompok memiliknya untuk tetap menggunakannya sebagai penyanyi regular. Titik Puspa meninggalkan orchestra di tahun 1962. Nama panggung Titik Puspa dipilihkan oleh presiden Sukarno saat tahun 1950an.

Pada tahun1957, Titik Puspa menikah dengan Zainal Ardhy, seorang pegawai di Radio Republik Indonesia. Sejak tahun 1963 mereka memiliki dua orang anak perempuan. Selama periode ini Titik Puspa belajar menulis lagu, belajar dari suaminya. Selain menyanyi dan menulis lagu Titik Puspa juga melakukan acting.

Pada tahun2009, Titik Puspa didiagnosa mengidap kanker servik. Setelah beberapa bulan dilakukan pengobatan, termasuk dua bulan terapi di rumah sakit Mount Elizabeth di Singapur (dimana disana Titik Puspa menulis 61 lagu). Titik Puspa akhirnya dinyatakan bebas kanker. Alberthiene Endah menulis biografi Titik Puspa dengan judul A Legendary Diva yang diterbitkan pada tahun 2008.

Dua lagunya yang sangat terkenal yaitu Lagu Kupu-kupu malam merupakan lagu yang menceritakan pandangan yang tidak memihak terhadap prostitusi di Indonesia, dengan suara Titik puspa saat itu seperti menahan tangis dan juga menunjukkan kekuatan.

Sedangkan lagu Bing yang menceritakan kemampuan mengekspresikan perasaaannya atas kehilangan. Titik puspa telah mengeluarkan 7 album ysejak tahun 1963 hingga tahun 1997. Selain bernyanyi dan menulis lagu, Titik puspa juga turut berakting di dalam enam buah sinetron. Dari ke enam sinetron tersebut, sinetron Inem Pelayan Seksi pada tahun 1976 merupakan karya yang cukup dikenal masyarakan. Bahkan, serial ini dibuat ulang menggunakan pemain yang berbeda.

Baca juga : Waldjinah Penyanyi Keroncong Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *