Tokoh Dibalik Penemu Planet Pluto

Planet pluto pada awalnya merupakan planet ke-9 yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan. Namanya diambil dari seorang dewa dari mitologi Yunani, Dewa Pluto sebagai dewa kegelapan.

c 58

Ini bukan tanpa sebab, bertahun-tahun para ilmuwan berusaha mencari tahu apakah planet yang gelap dan kecil ini merupakan sebuah planet atau benda luar angkasa lainnya. Namun, semua itu baru terjawab setelah di zaman modern, para astronot berhasil melakukan perjalanan ke planet pluto.

Kesuksesan Clyde W. Tombaugh

Adalah Clyde W. Tombaugh, seorang pemuda biasa yang pada awalnya hanya hobi meneropong bintang. Lahir pada 4 Pebruari 1906 di area Illionis. Dari hasil-hasil pengamatannya ia berhasil menjadi pegawai di Observatorium Lowell.

Tepat pada 1929, Tombaugh direkrut sebagai astronom muda untuk sebuah tugas penting mencari planet pluto. Dengung tentang adanya planet pluto ini sebenarnya sudah ada sejak 1905, dimana astronom sebelumnya, yaitu William Pickering dan Percival Lowell sudah memulai misi pencarian planet tersebut.

Pluto akhirnya ditemukan

Perjuangan tak sia-sia, pada 1930. Tepatnya tanggal 18 Pebruari, ia mendapat gambar titik yang timbul-hilang di dekat rasi gemini. Inilah planet pluto yang selama ini dicari. Planet memang benda yang bisa berpindah sehingga bisa hilang dan muncul kembali beberapa saat.

Penemuan lain

Penemuan Tombaugh tidak berhenti di situ. Ia melakukan pengamatan lain dan terus melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi di bidang astronomi. Hingga pada 1964, ia direkrut dalam proyek pengembangan roket yang akan terbang ke bulan.

Pada waktu inilah ia berhasil membuat super kamera yang diberi nama IGOR (Intercept Ground Optical Recorder). Memasuki usia pensiun, ia masih aktif dalam bidang astronomi dengan meneliti pergerakan rotasi planet merkurius dan planet jupiter. Termasuk membuat teknik fotografi pada satelit buatan yang bisa dipakai untuk melihat permukaan bumi.

Baca Artikel Lainnya :

Sayang disayang, kesuksesan Tombaugh dalam mencari planet pluto, tidak berakhir bahagia. Pada 24 Agustus 2006, astronom menyatakan bahwa pluto bukan sebuah planet. Pernyataan ini dikeluarkan oleh International Astronomical Union (IAU) dalam sebuah pertemuan di Praha, Ceko.

Tidak ada yang sia-sia dalam sebuah perjuangan Tombaugh. Meski ternyata pluto bukan sebuah planet, namun karena pencariannya, kini banyak orang di bidang astronomi yang menaruh hormat kepadanya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *