Tokoh Penting Dibalik Terciptanya Si Roda Dua, Sepeda Motor

Tokoh Penting Dibalik Terciptanya Si Roda Dua, Sepeda Motor – Motor memang menjadi salah satu alat transportasi yang sangat terkenal dan sangat penting peranannya. Motor dikenal lebih praktis dan lebih cepat untuk digunakan.

Untitled

Selain itu mengendarai motor lebih mudah dibandingkan dengan mengendarai mobil meski dalam soal kenyamanan motor tersebut memang memiliki kualitas dibawahnya. Akan tetapi motor lebih banyak dimiliki oleh hampir semua orang khusunya masyarakat Indonesia karena selain praktis juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga mobil yang dapat mencapai hingga puluhan bahkan ratusan juta.

Namun, apakah kamu tahu bagaimana sejarah sepeda motor tersebut sejak awal pembuatannnya hingga terkenal seperti sekarang ini?

Sejarah penemuan terciptanya motor berawal pada tahun 1868. Saat itu terdapat seorang ilmuan bernama Ernest Michaux yang merancang suatu alat transportasi yang lebih praktis untuk digunakan dalam menempuh suatu perjalanan.

Saat itu tenaga penggerak yang direncanakan oleh  Ernest Michaux untuk menggerakan suatu alat tersebut tidak berhasil kemudian Edward Butler mencoba mengembangkannya kembali hingga pada tahun 1885. Pada tahun tersebut Edward Butler berhasil membuat suatu kendaraan dengan menggunakan tiga roda dan digerakkan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam namun masih dalam bentuk yang belum sempurna.

Kemudian Pada tahun 1885 terdapat seorang pria yang bernama Gottlieb Daimler yang mempelajari mengenai kendaraan yang telah dibuat sebelumnya dan kemudian merakit rang untuk kendaraan tersebut dan ia menjadi orang yang merakit motor pertama kali di dunia.

Saat itu Gottlieb Daimler mengaplikasikan mesin penggerak pada sebuah sepeda kayu. Kendaraan tersebut kemudian dicobanya dengan menggunakan beberapa alat dan mesin lainnya. Rakitan motor pertama dari sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen.

Sepeda motorpun terus dikembangkan dan dilakukan pembaharuan oleh para ahli mesin dan para ilmuan untuk menemukan mesin dan kerangka yang cocok hingga menghasilkan alat transportasi yang potensial. Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat oleh EJ Pennington dan mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain olehnya sendiri.

Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor) dan mendapat sambutan yang baik oleh masyarakat dunia saat itu. Melihat hal tersebut terdapat sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris yang tertarik pada penemuan kendaraan motor dan memutuskan untuk membuat sepeda motor.

Perusahaan tersebut kemudian memproduksi sepeda motor dengan membuat kerangka dan mesin yang didasari dari penemuan- penemuan sebelumnya dan pada tahun 1902 perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama.

Baca Artikl Lainnya :

Pada Tahun 1952, sebuah perusahaan bernama Honda memproduksi sepeda motor bebek pertama. Sepeda motor tersebut memang merupakan adaptasi dari penemuan motor sebelumnya dengan pengembangan yang lebih lanjut.

Dikarenakan sepeda motor yang diproduksi oleh perusahaan tersebut dinilai memliki kualitas yang bagus dan akhirnya banyak dimiliki dan digunakan oleh banyak orang. Hingga akhirnya munculah perusahaan- perusahaan lain yang memproduksi sepeda motor dan memasarkannya hampir keseluruh dunia termasuk ke Indonesia.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *