Tokoh Perdamaian India, Mahatma Gandhi

Tokoh Perdamaian India, Mahatma Gandhi – Mohandas Karamchand Gandhi lahir pada tanggal 2 Oktober 1869. Mahatma Gandhi merupakan pemimpin terdahulu yang terkenal di masa pergerakan kemerdekaan India saat penjajahan Inggris.

Mempekerjakan ketidaktundukan sipil tanpa kekerasan, Mahatma Gandhi memimpin India untuk merdeka dan menginspirasi pergerakan untuk hak keadilan, anti kekerasan, perdamaian dan kebebasan sipil di dunia. Sebutan kehormatan Mahatma (yang patut dimuliakan) pertama kali diberikan kepada Gandhi di tahun 1914 di Afrika Selatan, yang sekarang digunakan seluruh dunia. Mahatma Gandhi juga dijuluki Bapu (menandakan rasa kasih untuk bapak) di India.

Mahatma Gandhi dilahirkan dan dibesarkan di sebuah keluarga kasta pedagang Hindu di Gujarat, India bagian barat dan dilatih di dalam hukum di Inner Temple, London, Mahatma Gandhi pertama bekerja sipil sebagai seorang pengacara pengasingan di Afrika Selatan, di dalam komunitas penduduk india berjuang untuk hak-hak dan keadilan sipil mereka.

Setelah kembalinya ke India di tahun 1915, Mahatma Gandhi membuat mengenai pengaturan petani-petani, dan pekerja – pekerja urban untuk memprotes melawan pajak lahan yang sangat tinggi dan juga diskriminasi. Memikul kepemimpinan Kongres Nasional India di tahun 1921, Mahatma Gandhi memimpin perwakilan se nasional untuk mengurangi kelaparan, memperluas hak-hak perempuan, membangun hubungan keagamaan dan etnik, mengakhiri kasta paria tetapi diatas semuanya untuk mencapai Swaraj atau hukum kebebasan.

Mahatma Gandhi dengan dikenal memimpin India dalam melawan Inggris yang memaksakan pajak garam dengan 400 km Dandi Salt March di tahun 1930 dan kemudian memaksa Inggris untuk keluar dari India di tahun 1942. Mahatma Gandhi dipenjara selama beberapa tahun, dalam banyak kesempatan, di Afrika selatan dan India.

Mahatma Gandhi mencoba untuk melatih anti kekerasan dan kebenaran di semua situasi dan menganjurkan bahwa yang lain melakukan yang sama. Mahatma Gandhi hidup sedeerhana dalam komunitas penduduk berkecukupan dan memakai dhoti pakaian tradisional India dan selendang, Charkha. Mahatma Gandhi makan makanan sayuran dan buah sederhana dan juga melakukan puasa yang lama sebagai sebuah arti pemurnian diri dan protes social.

Visi Mahatma Gandhi terhadap kemerdekaan India berdasarkan pluralism keagamaa. Bagaimanapun, berjuang di awal tahun 1940 oleh sebuah nasionalisme muslim baru yang meminta psebuah pemisahan tanah air Muslim melepaskan dari India.

Akhirnya di bulan Agustus 1947, Inggris menjanjikan kemerdekaan tetapi The British Indian Empire dibagi ke dalam dua dominion, kelompok mayoritas Hindu India dan Muslim Pakistan. Sebagaimana banyaknya Hindus, Muslim dan Sikhs yang terlantar membuat jalannya untuk lahan barunya, kekerasan keagamaan pecah khususnya di Punjab dan Bengal.

Saat Mahatma Gandhi berumur 78 tahun, Nathuram Godse, seorang nasionalist Hindu membunuh Mahatma Gandhi pada tanggal 30 Januari 1948 dengan menembakkan tiga peluru ke bagian dada Gandhi. Orang India menggambarkan Mahatma Gandhi sebagai bapak nasional.

Gelar ini untuk Mahatma Gandhi bukanlah gelar resmi dan tidak pernah diresmikan oleh pemerintah India. Hari kelahiran Mahatma Gandhi, 2 Oktober dijadikan sebagai Gandhi Jayanti, sebuah hari libur nasional dan di dunia dijadikan sebagai hari internasional tanpa kekerasan.

Baca juga : Pangeran Diponegoro, Pahlawan Nasional Indonesia

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *