Tokuji Hayakawa, Pionir Perusahaan SHARP

Tokuji Hayakawa, Pionir Perusahaan SHARP – Jepang terkenal sebagai negara maju yang menjadi salah satu negara yang memiliki andil besar di dunia, misalnya barang elektronik. Salah satu perusahaan yang menjadi produsen barang elektronik yang hingga saat ini banyak digunakan di seluruh dunia adalah SHARP. Perusahaan tersebut didirikan oleh Tokuji Hayakawa. Pria kebangsaan Jepang tersebut lahir pada tanggal 3 November 1893 dan meninggal pada 24 Juni 1980 di usia ke 86.

Baca Juga :

Hayakawa terlahir di keluarga yang miskin dan kemudian diadopsi oleh keluarga Ideno namun tidak diadopsi hingga dewasa. Hayakawa hanya bersekolah hingga SD kelas 2 karena keluarga yang miskin dan tidak mampu membayar sekolah dan kemudian memilih magang ke pembuat ornamen logam. Berdasarkan pada keinginannya untuk meningkatkan keahlian di bidang logam serta pemahaman perdagangan serta sifatnya yang ulet, bosnya memberikan kepercayaan yang besar.

Hayakawa memperkenalkan ikat pinggang ciptaannya (1912 atau pada Meiji 45 dan Taishou 1) walaupun ikat pinggang telah digunakan pada celana laki-laki di abad ke-15 dan pakaian perempuan di abad ke-19.

Permintaan akan ikat pinggang yang diproduksi Hayakawa meningkat dengan gaya atau model barat namun ia dan pengrajin yang lainnya belum sempat menggunakan pakaian gaya barat dan ikat pinggangnya. Hayakawa terus mengembangkan ikat pinggang ciptaannya agar mampu untuk diikat kuat karena melihat aktor film yang kurang senang dengan gaya atau model ikat pinggang yang telah diciptakan sebelumnya.

Bosnya yang mengagumi karyanya kemudian merekomendasikan Hayakawa untuk mengajukan permohonan hak paten dan mengusulkan nama Tokubijo. Dikarenakan tekanan untuk memberikan produksi tepat waktu, Hayakawa memutuskan untuk mendirikan pabrik yang digunakan untuk produksi dengan meminjam sebagian dari lahan ibukota.

Toko yang dibangun didirikan pada September, 1912. Ia mulai memperkenalkan cara pengembangan industri, perekrutan pekerja untuk meringankan kerja produksi. Dari pendapatan yang diterima, Hayakawa mampu membayar hutang dan meningkatkan manufaktur produksi dan memperluas bisnis.

1913, Hayawaka mendapatkan paten dari keran air inovatif. 1915, Hayakawa juga mengembangkan prototipe yang terbuat dari pensil mekanis dan masih dijual hingga saat ini. Dengan kemampuan managemen dan startegi, ia mampu memperluas perusahaan hingga manufaktur elektronik yang diberi nama SHARP. Nama SHARP tersebut diambil dari pensil mekanis yang merupakan temuan pertama yaitu Ever-Sharp (1915). Produk unggulan dari SHARP ketika masa awal adalah radio tape-recorder dan TV.

Salah satu kunci keberhasilan Hayakawa yang sering diucapkan ke divisi perusahaannya yaitu untuk membuat produk yang orang lain ingin meniru. Dari perkataan tersebut, para anggota devisi akan menjadi lebih bersemangat dalam menciptakan sesuatu.

Produk yang dapat ditiru merupakan produk yang baik dan yang diinginkan oleh konsumen serta menjual. Perusahaan harus mampu untuk melakukan penelitian sehingga produk yang akan dihasilkan lebih baik jika dibandingkan dengan produk sebelumnya atau dari produk pesaing.

Tokuji Hayakawa juga merupakan orang yang aktif di dalam program kesejahteraan sosial dan pada usia 86 ketika tahun 1981, Hayakawa meninggal dunia. Setelah itu, perusahaan SHARP terus berkembang dan menjadi salah satu dari perusahaan elektronik yang mampu berkembang dan bersaing di dunia.

Berbagai produk telah diciptakan diantaranya adalah LCD, ponsel, home cinema, oven microwave, sistem audio, penyejuk udara, penjernih udara, kalkulator dan mesin faksimile. Beberapa penghargaan yang diterima yaitu penghargaan dari Osaka (1968), penghargaan Okochi Production (1971), penghargaan kebudayaan Osaka (1971), penghargaan NHK Broadcasting ke-29.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *