Tragedi 10 November 1945, Perang Surabaya

Tragedi 10 November 1945, Perang Surabaya – Tepatnya peperangan besar ini terjadi di bulan November dan peperangan besar ini terjadi di Surabaya.surabaya

Peperangan terjadi antara kubu pasukan pembela kemerdekaan Indonesia dan milisi (rakyat yang bergabung untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia) melawan pasukan sekutu Inggris dan pertempuran ini merupakan bagian dari revolusi nasional Indonesia.

Puncak dari peperangan ini terjadi di bulan November 1945. Pertempuran ini merupakan pertempuran tunggal terberat dalam revolusi nasional Indonesia dan peperangan ini juga menjadi simbol nasional mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mempertimbangkan upaya-upaya heroik yang dilakukan rakyat Indonesia, pertempuran ini membantu menggembleng semangat Indonesia dan mencuri perhatian untuk mendapatkan dukungan internasional bagi kemerdekaan Indonesia. Karena peperangan besar ini, pada tanggal 10 November diperingati setiap tahunnya sebagai hari pahlawan.

Peperangan dimulai pada saat itu ketika pasukan sekutu tiba di akhir bulan oktober 1945, pemuda Indonesia berkedudukan di kota Surabaya yang ddigambarkan sebagai benteng persatuan yang kuat.

Peperangan yang panas meledak pada 30 oktober 1945 ketika pasukan 600 persekutuan India tewas bersama dengan pemimpin Inggris, brigadier AWS Mallaby. Inggris membalas dengan sebuah tindakan menghukum secara luas yang dimulai pada tanggal 10 November 1945, di bawah penitip serangan udara.

Meskipun pasukan Eropa secara besar mengepung kota selama tiga hari, dengan bersusah payah pasukan Indonesia berperang selama tiga minggu dan ribuan orang meninggal dan banyak yang melarikan diri ke luar daerah.

Meskipun militer menderita kekalahan oleh pasukan Indonesia dan kehilangan orang-orang yang kuat dan persenjataan yang menghambar secara keras pasukan Indonesia untuk revolusi selanjutnya, peperangan dan pertahanan yang disusun oleh Indonesia menggembelng Negara dalam mendukung kemerdekaan dan membantu mengumpulkan perhatian internasional.

Bagi Belanda, ini menghapus segala keraguan bahwa Indonesia bukan sebuah kelompok gabungan yang sederhana tanpa pendukung. Ini juga memiliki pengaruh dalam meyakinkan sekutu inggris bahwa kebijaksanaan diletakkan pada sisi netral di dalam revolusi; dalam beberapa tahun, pada kenyataannya sekutu Inggris akan mendukung Indonesia karena dalam Persatuan Bangsa Bangsa.

Peperangan Surabaya ini dipertunjukkan secara singkat di dalam film Sang Kyai, film ini ditayangkan pada tahun 2013, yang mana kematian Brigadir Mallaby di tangan pasukan pertahanan kemerdekaan Indonesia dari lascar Hizbullah dan hari pertama terjadinya peperangan itu sendiri.

Pada tahun 2013, peperangan Surabaya ini diperingati dalam film animasi 2Dimensi yang berjudul Battle of Surabaya yang dijadwalkan akan dirilis tahun 2015. Film ini diproduksi oleh Mohammad Suryanto dan difokuskan pada seorang pesuruh muda bernama Musa.

Disamping catatan, Disney mengambil ketertarikan pada animasi ini, sebagai film yang sekarang menjadi bagian cabang Disney untuk mendistribusikannya. Dikatakan bahwa film juga akan memeiliki versi suara Inggrisnya untuk penikmat diluar Indonesia setelah tanggal perilisan film aslinya di Indonesia.

Baca juga : Latar Belakang Terjadinya Perang Padri

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *