Tren Rokok di Kalangan Anak Muda dan Dampak Negatifnya

Tren Rokok di Kalangan Anak Muda dan Dampak Negatifnya – Rokok saat ini telah menjadi kebutuhan pokok beberapa orang di dunia. Silinder kertas yang berisi tembakau yang telah dikenal sejak abad 16 ini menyumbang proporsi paling besar dari penerimaan cukai.

1

Seperti yang dilansir dalam tempo.com, pendapatan Negara dari industri rokok dapat mencapai Rp. 10 Triliun. Bisa dibayangkan berapa juta orang pengguna rokok di Indonesia, bahkan di dunia. Dibalik bisnisnya yang menguntungkan, banyak dampak negatif yang ditimbulkan rokok, baik untuk pengguna maupun untuk orang disekitarnya. Berikut adalah dampak negatif dari menkonsumsi rokok dan alasan kenapa kamu harus dan wajib berhenti merokok.

Baca Juga :

Rokok menyebabkan kematian

Alasan kenapa kamu wajib meninggalkan rokok yang utama adalah terhindar dari kematian dini. Dengan banyaknya kandungan senyawa karsinogen dan toksik seperti sianida, cadmium, asetilena, ammonia, dll. merupakan kombinasi yang tepat yang akan membunuh kita secara perlahan dan menyakitkan.

Faktanya bahwa merokok menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat dan mungkin akan terus meningkat selama 50 tahun terakhir baik untuk wanita  maupun pria. Di Indonesia sendiri dengan semakin banyaknya konsumen rokok, terutama usia remaja dan bahkan anak-anak, membuat kita semakin khawatir dengan nasib bangsa ini kedepannya. Anyway, kalo kamu mau keren dan mau nerusin perjuangan bangsa dan Negara, merokok adalah pilihan yang terburuk buat kamu.

Rokok menyebabkan gangguan kesehatan

Pasti kamu pernah liat kan iklan-iklan rokok yang bunyinya “merokok dapat menyebabkan serangan jantung….”. Dan bahkan sekarang ini bungkus rokok telah diwajibkan menempelkan foto bahaya merokok di kemasannya.

Faktanya memang benar, merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang serius dan beresiko mematikan. Gangguan kesehatan yang paling umum adalah penyakit paru-paru.

In fact, 90% kematian yang diakibatkan oleh kanker paru-paru dan 80% kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik disebabkan oleh merokok. Ya sekarang bisa kamu bayangin, dengan merokok kamu sama aja dengan mengonsumsi campuran pestisida, asam knalpot kendaraan bermotor, dan limbah berbahaya dalam satu hisapan, serem kan? Selain itu merokok juga menyebabkan bahaya kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, stroke, dan pastinya kanker.

Rokok berbahaya untuk kesehatan orang sekitar

Bukan hanya berbahaya untuk konsumennya guys, merokok juga bahaya buat orang sekitar yang sering terpapar asap rokok. Bahaya yang ditimbulkan pun sama, mulai dari penyakit paru kronis hingga kanker. Inilah yang biasa kita kenal dengan istilah perokok pasif yang sama bahayanya dengan perokok aktif.

Walaupun belum banyak bukti bahaya rokok terhadap perokok pasif, tetapi faktanya ibu hamil yang sering terpapar rokok beresiko tinggi melahirkan anak prematur. Untuk itu, hindari rokok dari kamu dan keluarga kamu untuk kehidupan yang lebih baik.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Tren Rokok di Kalangan Anak Muda dan Dampak Negatifnya

  1. Pingback: 5 Cara Alami Mengatasi Kapalan di Kaki | Joko Warino Blog

  2. Pingback: 5 Kesalahan Umum Yang Sering di Lakukan Saat Olahraga | Joko Warino Blog

  3. Pingback: Mengetahui 7 Waktu Yang Paling Tepat Minum Air Putih | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *