Trik dan tips keberhasilan dalam usaha dan budidaya ikan patin

Trik dan tips keberhasilan dalam usaha dan budidaya ikan patin – Ikan patinmerupakan komoditi yang menjanjikan untuk para pelaku usaha dalam budidaya ikan. Ikanpatin memiliki banyak penggemar di Indonesia, hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan pasar akan ikan ini. Maka tidak mengherankan lagi apabila semakin banyak orang yang mulai membudidayakan ikan konsumsi ini. Tetapi sebelum anda ikut terjun dalam budidaya ikan ini ada baiknya untuk memperhatikan tips dan trik untuk memulai budidaya ikan ini agar mendapatkan keuntungan. Berikut ini akan diulasi beberapa tips dan trik sebelum anda mulai menggeluti bisnis budidaya ikan ini.

Untitled

  1. Efisiensi pakan ikan 

Efisiensi pakan disini akan berpengaruh pada keuntungan yang anda dapat. Semakin efisiensi pemberian pakan ikan akan dapat menigkatkan hasil pada saat pemanenan ikan. Efisiensi pakan ini meliputi tentang bagaimana cara memberikan pakan yang benar, jenis pakan yang sesuai serta kandungan kandungan zat pada pakan yang diberikan untuk pertumbuhan ikan. Pakan yang memiliki zat serta nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan selama proses perkembangbiakannya akan berpengeruh pada hasil panen kelak. Biasanya pakan yang dibeeikan pada ikan adalah pakan pelet, tetapi pemberian pakan juga harus memperhatikan fase fase pertumbuhan ikan. Pakan ini juga dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu pakan teratur serta pakan terapung. Pemberian pakan juga harus memperhatikan kebutuhan dari ikan, sebab pemberian pakan yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan kerugian, sebab apabila pakan tidak dimakan oleh ikan hanya pakan akan mengendap kemudian akan membuat kolam menjadi kotor. Pakan yang mengendap tidak dimakan karena selain pakan terlalu besar karena menyerap air pakan juga sudah tidak memiliki zat atraktan (zat untuk menarik penciuman ikan) karena sudah larut ke dalam air.

  1. Meningkatkan efisiensi pakan dengan meningkatkan kualitas dari pakan 

Kualitas pakan yang lebih baik akan meningkatkan kualitas dari ikan pula, biasanya untuk meninigkatkan kualitas pakan ikan dapat dilakukan dengan memberikan pakan yang dicampur dengan pakan hormonik untuk meningkatkan perkembangan serta nafsu makan dari ikantersebut. Pakan hormonik ini bertujuan untuk meningkatkan hormon dari ikan. Pemberian hormon ini juga diusahakan tanpa meningkatkan harga untuk pakan ikan. Pemberian pakan yang dicampur ini bertujuan untuk meningkatkan kondisi fisik dari ikan, sebab apabila kondisiikan sehat maka ikan akan lebih cepat untuk memakan pakan, setelah itu akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan. Pemberian pakan hormonik ini juga untuk meningkatkan zat atraktan pada pakan biasa, agar ikan lebih tertarik untuk memakan pakan.

  1. Pemeliharaan ikan 

Untuk pemeliharaan ikan ini dapat dilakukan dengan pengecekkan kondisi kolam, kondisi kolam serta mengecek kesehatan dari ikan. Perilaku perawatan yang baik akan berpengaruh pada hasil panen. Perawatan juga harus dilakukan secara teratur, hingga apbila ditemukan permasalahan atau kendala pada saat budidaya ikan dapat segera diatasi.

Dengan melakukan upaya tersebut, mulai dari efisiensi pemberian pakan, meningkatkan kualitas pakan, serta perawatan yang baik akan menghasilkan panen yang baik pula. Perilaku bisnis yang baik serta melakukan estimasi biaya sebelum melakukan budidaya ikan akan dapat mempermudah selama proses budidaya ikan. Sehingga pada saat panen hasil panen ikanyang didapatkan akan optimal dan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha. Hal ini dihitung karena permberian pakan adalah komponen terbesar dalam budidaya ikan, yakni sebesar 70%.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *