Trik Dan Tips Memulai Usaha Bakso

Bakso merupakan makanan favorit masyarakat semua lapisan di Indonesia, dimana hampir semua daerah di Indonesia pastilah mengenal makanan yang satu ini.

Sehingga saat ini usaha jualan bakso pun sangat banyak dilakoni dan mulai menjamur hingga ke pedesaan, bahkan kebanyakan para pengusaha kuliner pun berlomba – lomba menjual bakso sebagai menu tambahan usaha mereka.

k 7

Agar mampu meraup keuntungan dari usaha ini, perhatikan cara sukses usaha jualan bakso dengan cepat sebagai berikut :

1. Lokasi Tempat Berjualan.

Perhatikan lokasi tempat usaha anda akan membuka bisnis UKM ini adalah faktor yang penting, dimana lokasi usaha yang strategis dan selalu ramai oleh para pengunjung akan memudahkan pelanggan untuk datang ke warung bakso anda.

Sebagai contoh, membuka warung bakso di pasar atau dekat terminal dan pasar – pasar tradisional hingga pasar senggol akan lebih menguntungkan dari pada anda menjual bakso di pinggir jalan raya utama, terlebih apabila jalan tersebut rawan kecelakaan dan pada malam hari suasana sepi.

Lokasi merupakan media yang menentukan sukses tidaknya suatu usaha berjalan lancar, namun jika anda berjualan secara keliling speerti pedagang kaki lima maka carilah tempat – tempat yang ramai dan aman agar mudah dijangkau oleh konsumen.

2. Harga Murah, Konsumen Melimpah.

Menentukan harga jual dari semangkok bakso merupakan langkah selanjutnya yang wajib anda beri perhatian khusus, hal ini menentukan minat konsumen agar mau membeli bakso di warung anda.

Mungkin anda beranggapan apabila bakso murah pastilah memiliki cita rasa yang biasa -biasa saja, oleh karenanya anda harus menghilangkan anggapan itu terhadap warung anda. Anda harus menjual bakso dengan menonjolkan cita rasa yang lezat tapi dengan harga yang terjangkau.

3. Promosi Murah Tapi Tepat Sasaran. 

Mempromosikan bisnis UKM berjualan bakso adalah penting untuk dilakukan meskipun dalam skala kecil, karena dengan jalan inilah maka bakso anda akan dengan mudah bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Promosi tidak harus mengeluarkan banyak uang, anda bisa melakukan promosi dengan biaya yang seminim mungkin tapi tepat sasaran.

Sebagai contoh, anda bisa promosi dengan cara memasang banner/spanduk di pinggir jalan raya besar pada pusat kota dengan pilihan warna – warna mencolok serta kata – kata yang menghebohkan (boleh jadul) sehingga membuat orang yang kebetulan lewat di tempat tersebut tertarik untuk membacanya, lalu penasaran dan akhirnya berniat mencoba bakso anda.

4. Nama Usaha Yang Unik.

Banyak orang yang penasaran lalu merasa tertarik dengan nama warung/rumah makan bakso anda seperti bisnis bakso online, dimana menentukan nama mereka haruslah ada sangkutpautnya dengan hasil produk apa saja yang dijual di warung bakso tersebut.

Dengan nama bakso online anda yang sudah tenar maka diharapkan bisa menyediakan fasilitas free wifi agar konsumen betah duduk di dalamnya. Pilihlah nama – nama unik lainnya, yang terpenting sesuai dengan fasilitas yang tersedia.

5. Pelayanan Yang Prima.

Apa sajakah yang diingat oleh konsumen setelah mereka selesai makan bakso dan pulang ke rumahnya ? Mungkin yang pertama adalah baksonya enak, harganya murah, atau pelayanannya menyenangkan.

Tentu saja konsumen tersebut akan kembali lagi suatu hari nanti apabila mereka sudah merasa puas dengan apa yang didapatkan, dari sini anda bisa belajar bahwa pelayanan yang ramah, lingkungan yang bersih didukung oleh rasa makanan yang lezat dan murah adalah menjadi hal yang sangat penting untuk diaplikasikan, yang membuat pelanggan akan merasa betah dan nyaman untuk kembali berbelanja ke warung anda.

6. Jaga Kebersihan.

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang wajib anda pelajari dengan serius sebelum anda benar – benar terjun di dalamnya, contoh kecil adalah dengan menjaga kebersihan warung karena semuanya berhubungan dengan kesehatan dari makanan yang dijual.

Baca Artikel Lainnya :

Jika tempatnya sudah bersih, pastilah enak makan di sana, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, untuk menarik konsumen dalam jumlah besar, usahakan tempat berjualan bakso anda harus bersih.

Itulah 6 cara yang harus anda lakukan agar usaha bakso anda yang baru dirintis berjalan sukses dalam waktu yang singkat. Selamat mencoba !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *