Tujuan dan Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Tujuan dan Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup – Di dunia ini, terdapat berbagai jenis makhluk hidup dengan ciri-ciri fisik dan sifat yang berbeda. Pengelompokan makhluk hidup mulai dari tumbuhan dan hewan merupakan hal penting yang perlu dilakukan supaya berbagai spesies yang ditemukan dapat dikenali dan dibedakan antara satu jenis dengan jenis lainnya.

a

Klasifikasi makhluk hidup dibedakan menjadi kelompok tertentu. Sistem Carolus Linnearus menjadi pedoman klasifikasi makhluk hidup modern berdasarkan kesamaan sifat dan fisik masing-masing makhluk hidup. Ilmu yang mempelajari pengelompokan klasifikasi makhluk hidup tersebut dikenal dengan istilah ilmu taksonomi.

Tujuan klasifikasi makhluk hidup

Pengelompokan makhluk hidup ditujukan untuk berbagai macam hal. Berikut ini beberapa tujuan dilakukannya pengelompokan dan klasifikasi makhluk hidup, diantaranya yaitu:

  1. Mengelompokkan berbagai macam makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimilikinya.
  2. Mendeskripsikan setiap ciri-ciri suatu spesies makhluk hidup untuk membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya.
  3. Menyederhanakan pembelajaran dan ilmu mengenai pengelompokan makhluk hidup.
  4. Memberikan nama makhluk hidup yang baru dan belum diketahui sebelumnya.
  5. Mengamati hubungan kekerabatan antar setiap makhluk hidup.

Dalam melakukan klasifikasi makhluk hidup, hal utama yang dilakukan yaitu mengidentifikasi ciri-ciri dari makhluk hidup yang akan diklasifikasi tersebut. Kemudian, pengelompokan dilakukan berdasarkan hasil identifikasi dari setiap ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup ke dalam suatu kelompok yang memiliki ciri-ciri yang sama. Selanjutnya, pemberian nama dilakukan untuk mengenali dan membedakan antara satu makhluk hidup dengan jenis lainnya sehingga variasi dan ragam jenis makhluk hidup dapat diklasifikasikan.

Dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup

Membagi dan membuat klasifikasi makhluk hidup pada dasarnya menggunakan berbagai pedoman, antara lain:

  • Berdasarkan persamaan.

Ciri-ciri persamaan fisik antar makhluk hidup dijadikan salah satu faktor klasifikasi mahkluk hidup. Contohnya, burung elang dan ayam dikategorikan sebagai aves karena mempunyai paruh dan sayap.

  • Berdasarkan perbedaan.

Melihat perbedaan dapat menentukan klasifikasi makhluk hidup. Misalnya perbedaan jenis makanan, burung elang merupakan karnivora dan ayam merupakan hewan omnivora.

  • Berdasarkan morfologi dan anatomi.

Bentuk fisik menjadi pedoman dalam klasifikasi makhluk hidup.

  • Berdasarkan ciri biokimia.

Meliputi jenis DNA, enzim dan protein antar masing-masing makhluk hidup.

  • Berdasarkan manfaat.

Pengelompokan dilakukan berdasarkan manfaat makhluk hidup tersebut.

Manfaat klasifikasi makhluk hidup

Klasifikasi makhluk hidup memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Salah satunya yaitu untuk memudahkan setiap orang dalam mempelajari keanekaragaman makhluk hidup yang ada di dunia. Membedakan karakteristik dan jenis antara satu spesies dengan spesies lainnya juga menjadi lebih mudah. Selain itu, setiap orang pun akan mengetahui dan mengenali jenis-jenis makhluk hidup yang ditemukan di sekitarnya. Bahkan hubungan kekerabatan dan interaksi antar setiap makhluk hidup menjadi lebih mudah diketahui satu dengan lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *