Tumbuhan Thallophyta yang Bermacam-macam

aTumbuhan Thallophyta yang Bermacam-macamTahukah anda mengenai Tumbuhan Thallophyta? Sebenarnya tumbuhan ini sudah sering kita temukan dimana saja kita berada, apalagi jika di tempat yang lembab dan juga berair. Ini merupakan salah satu hal yang sangat unik, karena tumbuhan ini tidak terlihat seperti sebuah tumbuhan, melainkan lebih mirip seperti sebuah pajangan. Oleh karena itu ada beberapa orang yang menganggap tumbuhan ini sebenarnya tidak tumbuh.

Ada beberapa hal yang pasti membuat anda mengetahui mengenai tumbuhan ini. Anda bisa mempelajarinya dengan baik agar lebih mengetahui dengan baik.

Apa itu tumbuhan thallophyta?

Jenis tumbuhan ini merupakan sebuah tumbuhan yang tidak memiliki daun, akar dan batang yang sebenarnya, tapi mereka masih dibilang tumbuhan karena memiliki sistem fotosintesis yang masih lengkap. Tumbuhan ini ada beberapa macam yang bisa anda kenali, sudah ada banyak tumbuhan yang bisa anda lihat saat ini. Hampir di beberapa tempat terdapat tumbuhan jenis Thallophyta ini.

Contoh tumbuhan thallophyta

Ada beberapa hal yang bisa anda ketahui mengenai tumbuhan yang sangat unik dan berbeda dari tumbuhan lainnya ini. Ada beberapa contoh dari beberapa tumbuhan ini, berikut ini adalah contoh-contoh dari tumbuhan ini antara lain:

  1. Lumut
  2. Jamur
  3. Ganggang
  4. Algae

Dari beberapa jenis tumbuhan tersebut, lumut merupakan salah satu tumbuhan yang paling sering kita temui, selain itu jamur juga sering kita temui dan kita konsumsi. Contoh-contoh tumbuhan ini sangat akan bisa anda pelajari karena ini memiliki nilai ilmu yang besar.

Lumut

Lumut sendiri merupakan tanaman talus atau nama lain dari Thallophyta. Ada beberapa ciri-ciri dari lumut yaitu tidak memiliki sel-sel yang menyerupai rambut yang ada perna untuk menyerap unsur hara, tidak memiliki akar sejati, tidak memiliki batang dan daun sejati. Lumut sendiri sebenarnya memiliki daun yang hanya terlihat sekilas dan tidak sempurna. Lumut pun dibagi kembali ke dalam beberapa kelas seperti berikut ini antara lain:

  1. Lumut daun (Kelas Musci), lumut yang sudah memiliki akar, batang dan daun yang sederhana.
  2. Kelas Hepaticae, lumut yang sudah memiliki daun yang halus dan hijau.

Lumut juga masih dibagi kembali ke dalam beberapa ordo yang akan membedakan mereka dengan kelas lainnya dari lumut. Selain terdapat lumut, terdapat pula ganggang yang menjadi bagian dari tanaman talus ini.

Ganggang

Ini merupakan salah satu contoh dari tanaman Thallophyta yang juga mudah kita temukan, biasanya ganggang ini ada di daerah pantai yaitu berupa rumputa laut. Tanaman ini disebut sebagai tanaman talus karena belum memiliki beberapa bagian tubuh yang sempurna. Ada beberapa contoh tanaman ini yaitu ganggang hijau, ganggang coklat, ganggang merah dan ganggang keemasan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *