Cara Tepat Untuk Turunkan Hipertensi dengan Menjadi Vegetarian

Turunkan Hipertensi dengan Menjadi Vegetarian – Pada zaman sekarang ini dengan makin banyaknya gangguan kesehatan yang megancam, banyak orang yang mulai mengikuti pola hidup sehat. Dengan makin banyaknya polusi udara, perubahan iklim yang drastis, serta berbagai pencemaran lainnya, membuat semakin banyak penyakit baru yang muncul dan mengancam keselamatan manusia.

12

Perbaikan pola hidup pun sangat perlu untuk dilakukan seperti memakan makanan yang bergizi, bebas kolesterol, menghindari rokok, obat terlarang, dan minuman beralkohol. Selain itu, saat ini juga timbul trend baru dalam hal preferensi memilih makanan, yaitu menjadi vegetarian.

Vegetarian adalah pola hidup dimana seseorang lebih memilih untuk hanya memakan sayur dan buah sebagai menu utamanya. Dengan menjadi vegetarian, mampu mengurangi timbulnya berbagai penyakit, seperti kolesterol, jantung, dll. Hal ini dikarenakan seorang vegetarian akan terhindar dari junk food atau makanan lainnya yang mengandung zat karsinogenik.

Seorang vegetarian akan terhindar dari hipertensi yang merupakan pemicu timbulnya berbagai penyakit mematikan. Hal inilah yang berhasil diteliti oleh ilmuwan jepang yang melibatkan 22 ribu respondennya. Seorang vegetarian memiliki tensi darah yang lebih rendah dibandingkan seseorang yang bukan vegetarian, bahkan jauh lebih rendah dibandingkan orang yang gemar memakan daging.

Penurunan yang terjadi adalah 7 mm/Hg di sistolik dan 5 mm/Hg untuk diastolik, angka ini sangat cukup untuk mengurangi resiko kematian akibat jantung koroner hingga 9% dan mengurangi resiko stroke hingga 14%.

Adapun pada percobaan ini, responden hanya mengonsumsi sayur, buah, kacang, dan ttettap memakan telur, susu, dan ikan. Namun pada program ini dihindari memakan daging ternak. Akan tetapi pada penelitian ini, belum didapatkan perbedaan yang nyata secara statistik hubungan antara vegetarian dengan tanpa vegetarian.

Hal ini mungkin pula dikarenakan akibat belum banyaknya penelitian serupa sehingga para peneliti tidak banyak mendapat referensi dari hasil penelitian ini. Namun jika ditelisik dari penelitian sebelumnya, memakan makanan yang rendah sodium dan tinggi akan kalium serta protein dari tanaman, sudah terbukti ampuh dalam menurunkan tensi darah.

Beberapa riset yang pernah diteliti saat ini hanya berusaha membandingkan seseorang vegetarian dengan yang memakan daging. Artinya belum cukup bukti untuk mengatakan bahwa menjadi vegetarian akan terhindar dari bahaya hipertensi. Penelitian sebelumnya hanya melihat adanya hubungan antara tensi darah dengan vegetarian namun belum diketahui secara pasti.

Akan tetapi, hasil yang telah didapat memang menunjukkan bahwa diet vegetarian mampu menurunkan hipertensi. Namun hal ini tetap dipengaruhi oleh faktor lainnya yang mempengaruhi tingkat tensi darah seseorang. Penelitian terkait hubungan vegetarian dengan hipertensi akan selalu menarik untuk diteliti dan dibutuhkan penelitian lanjutan terkait hal tersebut.

Baca Artikel Lainnya ;

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *