Ubi Ungu dan Kandungan Nutrisinya

Ubi memang keberadaannya mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari- hari. Hal ini dikarenakan ubi banyak dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat makanan.

Rasanya yang enak dan lembut juga ketersediannya yang melimpah menjadi alasan tersendiri para pembuat makanan menggunakan ubi sebagai bahan utamanya.

q 155

Biasanya ubi dapat dijadikan sebagai kue, kolak, maupun makanan cemilan lainnya dan biasanya hanya golongan orang dewasa yang menyukai makanan yang teruat dari ubi padahal di dalam ubi tersebut banyak kandungan nutrisi atau gizi yang snagat baik bagi anak- anak terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Tanaman ubi memang memiliki beragam jenis seperti ubi jalar putih, kuning, dan ungu. Tapi tahukan kamu ternyata macam warna pada ubi- ubi tersebut memiliki arti. Warna putih, kuning, dan ungu pada ubi menandakan tingginya kandungan antioksidan dan beta karoten yang ada di dalam ubi tersebut.

Semakin pekat suatu warna pada ubi makan semakin tinggi pula kandungan antioksidan serta betakarotennya dan diantara ketiga jenis ubi tersebut tentu jenis ubi ungu yang memiliki kedua nutrisi tertinggi tersebut.

Namun, bukan berarti jenis ubi lainnya tidak baik untuk dikonsumsi ya, hanya saja jenis ubi ungu ini memiliki kandungan nutrisi yang sedikit lebih tinggi dibanding jenis ubi yang lainnya.

Kandungan antioksidan di dalam ubi ungu mampu menghambat terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh dan menangkal radikal bebas. Polusi dan racun yang dapat menyarang tubuh kita sehingga beresiko menimbulkan suatu penyakit dapat dicegah dan diatasi dengan banyak mengkonsumsi ubi ungu tersebut.

Selain itu ternyata ubi ungu memiliki nutrisi dan manfaat lain yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ubi ungu tersebut merupakan sumber alami penyuplai beberapa vitamin yang sangat penting bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan mata, kulit, serta sebagai antibodi.

Selain itu kandungan potassium dan kalsium yang cukup tinggi mampu menguatkan tulang tubuh kita. Ubi ungu juga merupaka sumber karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi dan bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Memasukkan ubi ungu di dalam daftar makanan dietmu menjadi pilihan yang tepat karena dengan adanya sumber karbohidrat tersebut akan menghasilkan energi sehingga tubuh tetap bugar dan dapat berartivitas seperti biasa.

Baca Artikel Lainnya :

Bagi kamu yang mungkin tidak tertarik untuk mengkonsumsi langsung ubi ungu tidak perlu khawatir lagi karena sekarang banyak makanan olahan yang terbuat dari ubi ungu dengan berbagai varian sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya dan tetap mendapatkan khasiat nutrisi dari ubi ungu tersebut.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *