Unik, Mata Air Ulu Wae Panaikang Sulawesi Selatan

Hal yang tidak boleh terlewatkan pada saat Anda berkunjung ke Desa Panaikang, Miansatene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan adalah berkunjung ke mata air Ulu Wae yang sangat terkenal keunikannya.

f 68

Di masa modern seperti sekarang ini, Ulu Wae hadir untuk semakin memperkaya keindahan alam sajian Panaikang bagi wisatawan maupun penduduk sekitar.

Nama Ulu Wae sendiri berasal dari bahasa Bugis dengan arti “Induk Air”. Disebut ‘Ulu Wae’ oleh warga setempat sebab tempat ini konon menjadi mata air yang biasa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar. Mata air yang ada dimanfaatkan oleh penduduk untuk mencuci, mandi maupun sumber air minum karena memiliki kejernihan yang luar biasa.

Mata Air Ulu Wae sebenarnya bukan hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga sekitar. Akan tetapi digunakan juga sebagai irigasi sawah. Dalam waktu 1 tahun, Ulu Wae digunakan 3 kali sebagai mata air utama mengairi sawah sekitar.

Hal yang paling menakjubkan dari mata air yang satu ini adalah karena sepanjang musim kemarau, air di dalamnya tidak akan pernah berkurang. Berada di kawasan hutan lindung dengan pepohonan rindang di sekelilingnya menjadikan suasana di sekitar mata air terasa semakin sejuk.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung, maka untuk mengaksesnya Anda diharuskan melewati jalan setapak yang hingga saat ini masih berbatu-batu. Suasana sejuk dan sedikit mencekam dari hutan sangat terasa pada saat mulai memasuki area mata air. Ditambah lagi, suara-suara dari binatang tampak mulai jelas terdengar di telinga mengiringi perjalanan Anda.

Baca Artikel Lainnya :

Penat dengan suasana perkotaan yang sering dihantui macet dan polusi? Tentu saja berada di Ulu Wae akan memberikan terapi ketenangan yang tepat. Terlebih lagi udara sekitar yang sangat sejuk berfungsi untuk mengembalikan kesegaran tubuh Anda setelah lelah bekerja atau melakukan aktivitas lainnya di kota.

Bahkan berguna pula untuk memulihkan kesehatan bagi tubuh Anda karena terbebas dari paparan polusi dan udara perkotaan yang pengap.

Selamat menenangkan diri sejenak di Ulu Wae.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *