Unsur Unsur yang ada pada Negara

Eksistensi dari sebuah negara dapat dilihat dari unsur-unsur yang semestinya selalu ada di setiap negara. Tidak sembarang wilayah dapat mengukuhkan keberadaan teritorinya sebagai sebuah negara apabila dalam pemerintahannya tidak terdapat unsur-unsur pembentuk negara.

h 29

Unsur-unsur negara adalah syarat-syarat untuk mendaulatkan suatu negara. Setiap negara dapat berdiri apabila memiliki unsur-unsur esensial yang tidak dapat ditemukan pada organisasi lain.

Unsur-unsur negara sebagai organisasi mempunyai status yang kuat jika di dukung oleh tiga unsur pokok yang menjadi persyaratan mutlak dan satu unsur deklaratif demi terwujudnya sebuah negara.

Ketiga unsur pokok yang dimaksud adalah terdapatnya rakyat atau penduduk negara, wilayah atau lingkungan kekuasaan, serta pemerintah yang sah dan berdaulat. Ketiga faktor tersebut memiliki sifat konstitutif atau merupakan persyaratan mutlak berdirinya sebuah negara.

Setiap negara harus memiliki rakyat. Rakyat negara adalah setiap orang yang secara nyata berada di wilayah sebuah negara dan tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di negara tersebut.

Rakyat negara meliputi penduduk, yaitu orang-orang yang berdomisili tetap di sebuah negara, serta non-penduduk, yaitu orang-orang yang tidak menetap hanya tinggal untuk sementara waktu di sebuah negara.

Unsur mutlak pembentuk negara lainnya adalah wilayah. Wilayah negara adalah teritori atau daerah yang menjadi tempat tinggal dan hidup dari warga negara serta penyelenggara pemerintahan.

Wilayah dari negara meliputi wilayah daratan, lautan, dan udara dan dibatasi oleh perbatasan kedaulatan negara. Batas-batas tersebut dapat ditentukan dengan adanya perjanjian internasional dengan negara-negara lain yang berdampingan.

Selain rakyat dan wilayah kekuasaan, negara yang sahih juga harus memiliki pemerintahan  yang sah dan berdaulat. Pemerintah memiliki peran yang penting dalam roda kehidupan sebuah negara, karena permerintahan lah yang dapat mengorganisir rakyat dan wilayah negara dengan baik.

Pemerintah yang sah memiliki kekuasaan untuk mengatur negara. Adapun bentuk kedaulatan dari pemerintah negara meliputi kedaulatan internal (ke dalam), yaitu kewenangan untuk menjalankan organisasi negara berdasarkan peraturan dan hukum yang berlaku, dan kedaulatan eksternal (ke luar), yaitu kewenangan untuk berhubungan dan bekerja sama antar negara lain.

Baca Artikel Lainnya :

Sedangkan unsur deklaratif pembentuk negara memiliki sifat tidak mutlak atau boleh dipenuhi secara menyusul setelah negara tersebut berdiri. Unsur deklaratif tersebut adalah adanya kesanggupan bagi sebuah negara untuk dapat berhubungan dengan negara-negara lain sehingga negara tersebut mendapatkan pengakuan dari negara-negara lainnya.

Pengakuan ini sangat diperlukan dalam hal tata hubungan internasional. Pengakuan tersebut terbagi menjadi dua macam, pengakuan de facto yang berdasar pada kenyataan bagi negara baru yang telah memenuhi unsur konstitusi, serta pengakuan de jure yang berdasar pada hukum internasional yang berlaku di dunia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *