Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup – Kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini sudah sepatutnya diantisipasi dan ditangani dengan langkah dan upaya yang baik supaya lingkungan hidup akan selalu terjaga dan terlindungi di kemudian hari. Pasalnya, kerusakan lingkungan hidup yang saat ini terjadi tak lepas dari ulah dan kebiasaan manusia sehingga tanggung jawab yang benar perlu ditanamkan dalam diri setiap masyarakat.

Untitled

Dengan berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup secara maksimal oleh semua pihak dan lapisan masyarakat, maka keseimbangan lingkungan hidup yang berjalan akan terus terlaksana dengan optimal.

Reboisasi dan penghijauan

Melakukan reboisasi dan penghijauan merupakan salah satu upaya yang dapat anda laksanakan guna melestarikan lingkungan. Reboisasi bisa dilakukan dengan menerapkan penanaman kembali di sekitar perbukitan atau wilayah yang gundul sehingga tetap hijau dan terjaga dengan baik supaya tidak mudah menimbulkan bencana lain.

Selain itu, pengembalian kesuburan tanah juga menjadi hal penting yang perlu dilakukan agar lingkungan hidup menjadi lebih produktif, seimbang dan berguna sesuai fungsinya sebagai tempat tinggal makhluk hidup di dalamnya. Dan tidak kalah penting, memperhatikan daerah resapan air juga perlu dilakukan untuk mencegah banjir dan menampung persediaan air tanah dengan baik.

Membuat sengkedan atau terasering

Pembuatan terasering pada lahan yang curam sangatlah penting. Pembuatan terasering diperuntukkan guna menghindari resiko erosi yang sangat rentan dan berbagai masalah lingkungan yang lain dari lahan curam yang ada di beberapa titik.

Tak hanya itu saja, pemanfaatan tata lahan juga perlu diperhatikan dengan baik supaya penggunaan wilayah lingkungan hidup dapat berjalan baik sesuai dengan fungsi dan karakter lahan itu sendiri. Dengan demikian, lingkungan hidup yang lebih seimbang dan normal dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup yang ada di sekeliling kita.

Penanaman hutan kota

Polusi dan pencemaran akibat asap kendaraan bermotor, aktivitas pabrik dan industry, peralatan elektronik yang mengandung zat berbahaya lainnya merupakan aktivitas yang mengganggu keseimbangan lingkungan hidup kita terutama masyarakat di kota-kota besar. Untuk itu, penanaman hutan kota yang dipenuhi pepohonan yang rindang sangat diperlukan supaya kota menjadi lebih indah, sejuk dan menjadi sumber penghijauan atau paru-paru kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya.

Itulah beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan. Bahkan anda juga bisa mulai melestarikan lingkungan dari hal yang kecil, antara lain:

  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Mendaur ulang barang yang tidak terpakai menjadi barang berguna.
  • Mengurangi penggunaan bahan bakar dengan memanfaatkan fasilitas transportasi umum.
  • Menciptakan lingkungan rumah yang hijau dan asri dengan pepohonan yang alami.
  • Menjaga lingkungan hidup sekitar dengan baik semaksimal mungkin.

Dengan menerapkan upaya pelestarian dengan baik dan maksimal, maka lingkungan hidup yang sehat dan terjaga akan dirasakan oleh semua orang dari hari ke hari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *