Usaha Baju Wanita Modern Model Dress Batik Sendang

Kain batik tulis saat ini identik dengan beberapa kota wisata di Indonesia seperti Kota Pekalongan, Solo, Bali dan Yogyakarta. Tetapi tak banyak yang mengetahui jika di kabupaten Lamongan ada industri batik tulis, tepatnya berlokasi di desa Sendang Duwur, kecamatan Paciran.

l 112

Di desa ini ditemukan puluhan warga menekuni pekerjaan membatik khususnya sebagai perajin batik tulis, salah satunya adalah seorang pengusaha batik skala kecil bernama Harsono.

Menurut beliau, batik tulis Sendang Duwur yang diproduksi sudah berjalan sejak 60 tahun yang lalu. Di sepanjang perjalanan perusahaan mereka, sempat mengalami pasang surut dan baru tahun 1980, batik tulis Sendang Duwur telah dikenal luas di Indonesia hingga mancanegara.

Batik Sendang Duwur didominasi oleh warna merah bata dan biru dengan motif berbentuk bunga dan burung dalam beragam ukuran. Sekilas memandang, motif batik ini menyerupai motif batik Solo dan Pekalongan.

Menurut Bapak Harsono, kesamaan pola pada tiga jenis batik tersebut disebabkan karena para perajin batik Sendang kurang profesional dalam membuat pola secara mandiri.

Mereka terbiasa menerapkan sistem kerja dari nenek moyang jaman dulu yaitu mengambil pola lama yang dikembangkan secara turun temurun sehingga menghasilkan karya yang eksotik.

Harga batik Sendang Duwur di pusatnya adalah bervariasi, tergantung dari jenis, kerumitan dan kehalusan batik, antara Rp 85.000 hingga Rp 200.000. Pemasarannya masih terbatas di kabupaten Lamongan dan sekitarnya dan beberapa kota wisata di Indonesia.

Melalui beberapa pelatihan membatik di desa Sendang yang dilakukan secara rutin setiap tahun, Bapak Harsono berharap kain batik Sendang bisa bersaing dengan batik – batik sejenis dari daerah lain.

Pengembangan Kain Batik Tradisional Sendang Duwur

Batik adalah salah satu kerajinan khas Indonesia dimana sebagian besar masyarakat Indonesia dan turis asing sudah mengenal beragam coraknya, baik yang tradisional maupun batik modern.

Kain batik tersebut banyak dikembangkan menjadi busana menarik untuk pria dan wanita. Tetapi yang paling banyak digandrungi adalah busana wanita batik model dress dengan tampilan dari kombinasi bahan lain sehingga tampak lebih unik dan elegan tanpa membutuhkan riasan tambahan atau aksesoris lainnya pada dress yang anda pilih.

Di bawah ini kami berikan 2 contoh yang bisa anda jadikan rekomendasi baju pilihan :

1. Kombinasi atasan bermotif ( dari kain batik ) dengan bawahan polos berupa celana panjang hitam atau rok span untuk dikenakan wanita kariri ke kantor (tersedia pilihan – pilihan cantik dari rumah produksi Xenia Yovica – Pinterest).

Seorang wanita karir yang memilih untuk mengenakan batik kerja bermotif sebagai atasan dengan kombinasi bawahan yang polos, disarankan untuk tidak memakai aksesoris tambahan.

Tapi jika anda mengenakan kombinasi bawahan bermotif batik dan atasan polos, maka anda dapat mengenakan hiasan berupa kalung mungil sesuai warna menonjol bawahan untuk meramaikan penampilan anda.

2. Model baju batik kombinasi kasual (dari rumah produksi Soebita). Busana perempuan model yang satu ini banyak mengeksplorasi beraneka jenis kain batik tradisional termasuk Sendang yang mudah didapat di kota – kota besar di Indonesia.

Bahan dasar dress adalah batik kualitas nomer satu, yaitu batik cap, tulis hingga printing. Bentuk dari kreasi yang digandrungi adalah dress selutut batik kombinasi untuk acara formal di lingkungan kantor.

Baca Artikel Lainnya :

Sedangkan jika anda ingin menghadiri pesta besar di luar kantor maka kenakan long dress batik dari koleksi rumah produksi 8wood ( yang paling populer adalah Full Pleated Maxi Dress dalam nuansa warna – warna terang).

Demikian info yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat bagi para pecinta kain batik Nusantara.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

One thought on “Usaha Baju Wanita Modern Model Dress Batik Sendang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *