Usaha Sukses Ikan Hias Bagi Pemula

Usaha Sukses Ikan Hias Bagi Pemula – Ikan merupakan salah satu komoditi yang terbilang cukup laku di pasaran. Keberadaan dari ikan ini memang memiliki beberapa jenis dan fungsi. Salah satu komoditi ikan yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah ikan hias. Ikan hias sendiri merupakan ikan yang tidak hanya dilihat dari segi keindahannya saja namun juga memiliki kelebihan lain berupa misalnya keunikan tersendiri bagi pecintanya.

Untitled

Prospek pasar mengenai ikan hias ini memang tergolong sangat menjanjikan, hal ini terjadi karena ketika ikan tersebut menetas maka nilai dari harga jual dari ikan tersebut juga bisa dikatakan tinggi dibandingkan dengan ikan ternak lainnya seperti bawal maupun lele. Memang terdapat kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh ikan hias, kekurangan tersebut terdapat pada cara merawat ikan hias yang terbilang cukup ribet dari pada merawat ikan dengan bergenre konsumsi. Berikut ini adalah langkah mudah bagi Anda untuk memulai bisnis ikan hias yang dirasa cukup menjanjikan diantaranya adalah:

Menentukan terlebih dahulu ikan apa yang akan Anda budidayakan. Berbagai jenis ikan hias memang terdapat di pasaran. Pilihlah ikan hias yang saat ini dirasa banyak diminati oleh banyak orang. Atau juga Anda bisa memilih ikan hias yang sekiranya sepanjang masa memang digemari oleh masyarakat contohnya saja ikan cupang. Jika Anda memilih ikan cupang maka Anda tidak perlu membutuhkan akuarium yang besar. Tetapi apabila Anda lebih memilih ikan arwana maka Anda memang membutuhkan tempat yang lebih besar dari pada ikan lainnya.

Menentukan target pengembangan ikan. Dalam hal ini Anda harus menyiapkan beberapa hal seperti tempat untuk membudidayakan ikan. Tempat ini memang memiliki porsi yang sangat penting. Akuarium merupakan salah satu tempat penampungan yang dirasa cukup cocok untuk melakukan pembudidayaan ini. Bagi Anda yang

Mengetahui teknik pengembangan ikan. Tentu saja ketika Anda berusaha membudidayakan ikan maka yang Anda lihat adalah bagaimana cara mengawinkan keduanya. Tidak hanya membeli bibit saja tentunya, tetapi Anda juga bisa memulai untuk memikirkan bagaimana caranya untuk mengawinkan keduanya. Ketahui pula dan pelajari terlebih dahulu mengenai bagaimana ciri dari ikan yang jantan maupun betina.

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan pula adalah mengenai bagaimana cara pembiakan atau juga penetasan yang akan Anda lakukan untuk menetaskan ikan yang telah Anda kawinkan. Jangan sampai usaha Anda untuk mengawinkan keduanya justru sia-sia karena Anda tidak mengetahui bagaimana cara perawatan anakan ikan yang baik. Cara perawatan ini dirasa akan cukup membutuhkan keahlian yang tinggi karena tidak semua ikan memerlukan perawatan yang sama. Perawatan ini tergantung dari jenis ikan yang Anda pilih. Jika Anda memilih ikan dengan harga jual yang tinggi tentu saja akan membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *