Victoria Woodhull, Tokoh Perempuan USA

victoriaVictoria Woodhull, Tokoh Perempuan USA – Victoria Claflin Woodhull atau Victoria Woodhull Martin lahir di Ohio pada tanggal 23 September 1838. Victoria Woodhull merupakan seorang pemimpin dari pergerakan hak pilih wanita.

Victoria Woodhull merupakan anak ke tujuh dari sepuluh bersaudara. Ibunya Roxanna ‘Roxy’ Hummel Claflin merupakan seseorang yang buta huruf dan seorang anak haram. Ayahnya Reuben Buckman Claflin merupakan seorang sales minyak ular dan seorang penipu.

Dia datang dari sebuah daerah miskin Massachusetts yang merupakan keluarga amerika Claflin, keluarga jauh dari gubernur William Claflin. Victoria Woodhull menjadi dekat dengan saudara perempuannya Tennessee Celeste Claflin, tujuh tahun lebih muda dari Victoria Woodhull dan anak terakhir yang lahir dalam keluarga tersenut. Sebagai orang dewasa mereka bekerjasama dalam mendirikan sebuah perantara perdagangan barang dan surat kabar di kota New York.

Ketika berumur sebelas tahun, Victoria Woodhull hanya menjalani tiga tahun pendidikan formal tetapi gurunya mengetahui bahwa Victoria Woodhull memiliki otak yang sangat pintar. Victoria Woodhull terpaksa meninggalkan sekolah dan tinggal di rumah bersama keluarganya setelah terjadi masalah dalam keluarganya karna ulah ayahnya.

Pada tahun 1872, Victoria Woodhull merupakan wanita pertama yang menjadi kandidat atau calon presiden Amerika Serikat. Seorang aktivis wanita untuk mereformasi hak-hak perempuan dan buruh, Victoria Woodhull juga merupakan seorang advokat bagi gerakan free love yang mana Victoria Woodhull mendukung gerakan kebebasan untuk menikah, bercerai dan mengurus anak tanpa ikut campur pemerintah.

Victoria Woodhull bergabung dengan gerakan spiritual di tahun 1870an. Peranan Victoria Woodhull sebagai perwakilan dari gerakan tersebut sangat kuat. Bersama saudara perempuannya, Victoria Woodhull merupakan perempuan pertama yang mengoperasikan sebuah firma perantara perdagangan di Wall Street dan mereka diantara perempuan pertama yang mendirikan sebuah surat kabar Woondhull & Claflin’s Weekly yang mulai dipublikasikan pada tahun 1870.

Pada puncak aktivitas politiknya di awal tahun 1870an, Victoria Woodhull dikenal baik sebagai kandidat atau calon perempuan pertama untuk pemilihan presiden Amerika Serikat, yang mana Victoria Woodhull dicalonkan di tahun 1872 dari partai Equal Rights, Victoria Woodhull mendukung hak pilih perempuan dan persamaan hak.

Penahanan Victoria Woodhull pada tuduhan pencabulan beberapa hari sebelum pemilihan untuk mempublikasikan sebuah akun yang dinyatakan hubungan cinta dewasa antara menteri terkenal Henry Ward Beecher dan Elizabeth Tilton menambah ulasan sensasional pada pencalonannya. Victoria Woodhull tidak mendapatkan suara dalam pemilihan dan disana terdapat bukti konflik mengenai pilihan popular.

Banyak perubahan Victoria Woodhull menyertai kelas pekerjaan melawan apa yang dia lihat sebagai kalangan elit korup kapitalis yang sangat controversial di masanya. Generasi-generasi berikutnya banyak dari perubahab-perubahan tersebut yang diimplementasikan dan sekarang diambil untuk diakui.

Beberapa idenya dan perubahan yang disarankan masih diperdebatkan hingga hari ini. Victoria Woodhull meninggal pada tanggal 10 Juni 1927 di taman Norton, Bredon’s Norton, Worcestershire, dekat Tewkesbury, Inggris. Pada tahun 2001, Victoria Woodhull dilantik ke dalam National Women’s Hall of Fame.

Baca juga : Pahlawan Nasional Wanita Cut Nyak Dien

Loading…

One thought on “Victoria Woodhull, Tokoh Perempuan USA

  1. Pingback: Bukan Hanya Megawati Wanita yang Pernah Menjadi Presiden | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *