Virus dan Penyakit-penyakit yang Disebabkannya

Virus dan Penyakit-penyakit yang Disebabkannya – Tidak ada manusia yang ingin sakit. Siapa yang mau badannya dihinggapi penyakit, tidak bisa makan dan minum dengan enak, dan juga tidak bisa melakukan kegiatan dengan bebas? Ada bermacam-macam penyebab kenapa seseorang bisa sakit, mulai dari bakteri yang ada di makanan atau di benda-benda sehari-hari, hingga karena virus yang menyebar di udara. Penyebab terakhir ini yang sangat menular dan bisa berbahaya.

a

Tentang virus

Virus merupakan parasit yang berukuran renik atau mikroskopik (sangat kecil), yang bisa masuk ke dalam sel tubuh manusia dan juga hewan, lalu menginfeksinya. Nantinya, virus tersebut akan berkembang biak dengan cepat di dalam organ makhluk hidup yang dihinggapinya, dan menyebabkan organ tersebut rusak. Beberapa poin tentang virus yang perlu diketahui adalah:

  • Virus tidak punya perlengkapan selular yang lengkap sehingga dia tidak bisa melakukan reproduksi sendiri.
  • Virus bersifat parasit dan harus mencari sel inang, di luar itu mereka tidak berdaya.
  • Menginfeksi sel-sel yang eukariotik (tidak punya membran inti).
  • Berada antara benda mati dan makhluk hidup karena punya DNA dan bisa berkembang biak, tapi tak punya protoplasma dan bisa dikristalkan.

Cacar air karena virus

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, dan semuanya sangatlah menular. Salah satunya yang pasti pernah dialami semua orang adalah penyakit cacar air. Inilah beberapa fakta tentang cacar air dan virus yang menyebabkannya:

  • Disebabkan oleh virus yang bernama Varicella Zoster.
  • Biasanya hanya akan dialami manusia sekali seumur hidup.
  • Umur orang yang umum terkena cacar air adalah anak-anak di bawah 10 tahun.
  • Tanda-tandanya adalah munculnya ruam yang melepuh, gatal-gatal, dan juga demam. Masa inkubasi 10-21 hari.
  • Tidak hilang sepenuhnya dari tubuh, tapi dormant (tidak aktif) di saraf.
  • Bisa terjadi ketika seseorang terkena kontak langsung dengan yang menderita cacar, atau dari virus yang menyebar di udara.

Penyakit herpes

Penyakit lain lagi yang disebabkan oleh virus adalah herpes. Disebabkan oleh virus yang disebut dengan virus Herpes Simpleks, penyakit ini bisa menyerang bagian kulit, mulut, dan juga alat kelamin. Anda perlu tahu bahwa penyakit ini sampai sekarang sebenarnya belum ditemukan obatnya, namun Anda bisa memperpendek masa penyakitnya. Penyakit ini ada dua tipe, yaitu:

  • Herpes tipe 1, terjadi karena ketularan. Umumnya menyerang mata dan bibir, ditandai dengan gelembung kecil berair atau luka kecil.
  • Herpes tipe 2, terjadi di daerah kelamin dan disebabkan oleh hubungan seksual dengan orang yang terkena herpes.

Penyakit polio

Anda tentu sering mendengar tentang penyakit ini dan program-program pemerintah yang ditujukan untuk menekan terjadinya polio. Penyakit ini disebabkan oleh polivirus, dan menyebabkan menyerang sistem saraf sehingga menyebabkan kelumpuhan di bagian-bagian tubuh, terutama kaki. Selain kaki, virus ini juga menyerang usus dan saraf pusat. Penyakit yang parah bisa menyebabkan kematian.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *