Vitamin D, Vitamin Gratis dari Sinar Matahari

Vitamin D, Vitamin Gratis dari Sinar Matahari – Tubuh menjadi satu asset yang harus dijaga kesehatannya. Tubuh yang sehat dan kuat akan sangat menunjang aktivitas kita dalam kehidupan sehari- hari. Oleh sebab itu diperlukan nutrisi-nutrisi penting yang mampu menunjang kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untitled

Nutrisi- nutrisi tersebut banyak didapatkan dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan mengandung gizi yang baik. Selain makanan dan minuman terdapat pula suplemen yang mampu membantu dalam memenuhi nutrisi tubuh yang diperlukan. Salah satu dari nutrisi- nutrisi tersebut ialah vitamin.

Vitamin menjadi hal terpenting untuk dikonsumsi karena vitamin memiliki manfaat yang sangat banyak. Jenis- jenis vitamin juga sangat beragam. Salah satu vitamin yang penting untuk dikonsumsi tubuh adalah vitamin D.

Dalam tubuh, vitamin D berperan dalam penyerapan mineral- mineral seperti kalsium yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Tulang dan gigi tersebut menjadi bagian tubuh yang penting terutama tulang karena fungsinya sebagai penopang tubuh.

Banyak ancaman kesehatan yang dapat menggangu kesehatan tulang manusia dan yang sering kita dengar penyakit tersebuat ialah osteoporosis. Osteoporosis merupakan jenis penyakit gangguan pada tulang  yang sering disebut juga sebagai pengeroposan tulang.

Penyakit ini diangkap sangat berbahaya karena akan menimbulkan dampak cacat permanen hingga kematian bagi penderitanya. Selain osteoporosis, seseorang yang kekurangan vitamin D juga berpotensi mengalami penyakit Alzaimer atau penyakit yang menggangu saraf otak sehingga membuat penderitanya mengalami kelupaan atau kehilangan ingatan akan memori yang ia lalui semasa hidup.

Cara pencegahan kedua penyakit  ini adalah dengan banyak mengkonsumsi kalsium dan yang salah satunya itu berasal dari vitamin D tersebut. Tapi dari mana vitamin D didapatkan?

Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat mudah didapatkan. Vitamin ini tidak perlu kamu cari dari makanan atau minuman bahkan suplemen- suplemen yang memilki harga cukup tinggi.

Vitamin D cukup berasal dari paparan sinar matahari yang sering kamu dapatkan sehari- hari. Sangat murah dan mudah bukan? Oleh karena itu buat kamu- kamu khususnya para wanita yang biasanya takut terkena sinar matahari ternyata cenderung salah. Karena dengan mendapatkan sinar matahari, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D secara alami.

Tapi sinar matahari yang dimaksud merupakan sinar matahari saat waktu masih pagi karena pada waktu tersebut sinar ultraviolet tidak terlalu tinggi yang nantinya apabila terlalu lama terpapar sinarnya akan merusak kulit. Oleh sebab itu perlu diperhatikan lamanya dan waktu tubuh kita untuk kita jemur dan mendapatkan sumber vitamin D alami tersebut.

Selain berasal dari sinar matahari, viytamin D juga dapat ditemui di makanan seperti udang, ikan tuna, mentega, biji bunga matahari, dan lainnya. Namun kadarnya memang tidak sebanyak seperti yang ada pada sinar matahari. Oleh sebab itu kita tidak boleh takut lagi untuk beraktivitas di luar ruangan ya agar kita dapat memanfaatkan vitamin D alami yang berasal dari ciptaan tuhan tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *