Waldjinah Penyanyi Keroncong Indonesia

Waldjinah Penyanyi Keroncong Indonesia – Waldjinah merupakan penyanyi keroncong di Indonesia yang lahir pada tanggal 7 November 1945 di Solo Jawa tengah Indonesia. Keroncong merupakan gendre music tradisional jawa. Lagu keroncongnya yang sangat terkenal adalah Walangkekek dan Enthit. Waldjinah banyak sekali melakukan kolaborasi dengan banyak artis–artis Indonesia. Artis-artis tersebut seperti Didi kempot, Titiek puspa dan juga Gesang Martohartono.

wadjinah

Waldjinah memiliki sepuluh bersaudara. Ayah Waldjinah adalah seorang seniman, ayahnya bekerja sebagai pelukis di sebuah perusahaan batik. Ibu Waldjinah bekerja di sebuah pasar yang menjual makanan. Di pabrik batiklah dimana ayah Waldjinah bekerja, Waldjinah memulai mendengarkan lagu-lagu dan music tradisional jawa, keroncong. Selama duduk di bangku sekolah menengah atas, Waldjinah menjadi sangat tertarik pada music keroncong.

Pada tahun 1958, Waldjinah mengikuti sebuah pertandingan atau perlombaan menyanyi yang diadakan oleh stasiun radio milik Republik Indonesia, RRI di Surakarta/Solo. Pada perlombaan itu, Waldjinah memperoleh juara ke dua dank arena itulah karir bermsik profesionalnya dimulai.

Pada tahun 1960, Waldjinah telah dipilih menjadi penyanyi dengan potensi terbanyak pada sebuah kompetisi nasional yang diadakan di Jakarta. Kemudian pada tahun 1965 Waljinah mendapatkan juara 1 Bintang Raadio Indonesia. Waldjinah telah merekam 200 buah album dan lebih dari 1500 lagu. Enthit telah direkam oleh label rekaman studio music Lokananta di Surakarta/Solo. Oleh karena itu, Waldjinah telah banyak dikenal semua orang dengan panggilan Ratu Keroncong.

Ketika awal karirnya, Waldjinah mengeluarkan album kompilasi dengan penyanyi-penyanyi lainnya. Elingo Beboyo Margo bersama dengan Enny Koesrini pada tahun 1968. Enny Keosrini sendiri merupakan juara harapan bintaang radio Indonesiaa pada tahun 1967. Kemudian Waldjinah juga membuat album bersama Sri Rahadjeng. Sebagian besar album Waldjinah diproduksi dengan adanya iringan dari Orkes Keroncong Bingtangg Surakarta/solo yang Waldjinah pimpin saat ini.

Waldjinah juga sempat berduet dengan Mus Mulyadi yang sering dijuluki Buaya Keroncongg yang berasal dari Surabaya. Lagu yang membuat namanya melambung tinggi adalah Wlang Kekek. Berkat lagu tersebut namannya banyak dikenal di masyarakat Indonesia.

Kemudian lagu Waldjinah Jangkrik Genggong juga cukup membuatnya dikenal orang. Waldjinah seringkali menyanyikan lagu-lagu hasil cipta dari Gesang Martohartono, Ismail Marzuki dan juga Andjar Any. Pada tahun 2002, Waldjinah mendapatkan sebuah anugerah karya seni dari sebuah yayasan music Hanjaringat di Surakarta dengan seorang komponis Gesang Martohartono dan juga para seniman lain.

Baca juga : Seniman Indonesia Guruh Sukarno Putra

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *