Wanita Mendengkur? Coba Atasi Dengan Cara Ini

Mungkin saat ini Anda berada pada kelompok sekitar 45% orang dewasa dengan kebiasaan mendengkur, antah itu sering atau kadang-kadang. Orang yang mendengkur selama ini sering menjadi bahan lelucon di saat sedang berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi sebenarnya mendengkur termasuk sebuah masalah yang cukup serius.

c 14

Penyebab mendengkur

Sleep apnea merupakan gangguan pernafasan ketika tidur yang ditandai dengan kantuk berlebihan pada siang hari (hipersomnia) dan  mendengkur. Dimana penyebab dari sleep apnea yaitu sempitnya saluran pernafasan yang melemah ketika tidur sehingga menjadikan saluran pernafasan tersumbat. Akibatnya, meskipun gerak nafas masih tetap ada, tidak akan ada udara yang mengalir masuk maupun keluar.

Meskipun tidak semua pendengkur dinyatakan menderita sleep apnea, namun mendengkur sepanjang malam yang terlalu sering patut diwaspadai. Bahkan sleep apnea yang secara khusus terjadi pada wanita sering berujung gangguan kehamilan.

Baca Artikel Lainnya :

Cara menghentikan kebiasaan mendengkur

  1. Mengubah posisi tidur

Berbaring dengan posisi telentang membantu langit-langit lunak dan pangkal lidah turun ke dinding pada bagian belakan tenggorokan. Sehingga mengakibatkan suara bergetar ketika tidur. Maka solusinya adalah tidur dengan posisi menyamping.

  1. Menurunkan berat badan

Memang pada dasarnya orang kurus juga mendengkur. Namun ketika berat badan Anda bertambah dan saat itu mulai mendengkur, setelah sebelumnya tidak pernah mendengkur. Maka Anda harus berusaha untuk menurunkan berat badan untuk mengatasinya.

  1. Jangan konsumsi alkohol

Obat penenang dan alkohol akan mengurangi intensitas istirahat otot-otot pada bagian belakang bagian tenggorokan Anda. Hal ini menjadikan kemungkinan Anda untuk mendengkur sepanjang malam semakin besar.

Mengkonsumsi alkohol 4 atau 5 jam sebelum tidur mengakibatkan mendengkur semakin parah. Bahkan orang yang sebelumnya tidak pernah mendengkur setelah minum alkohol akan mendengkur.

  1. Membuka saluran hidung

Jika dirasa mendengkur terjadi pada hidung Anda, solusinya adalah dengan menjaga saluran hidung agar tetap terbuka. Sehingga udara bergerak cukup lambat. Karena ketika hidung tersumbat dan menyempit sebab penyumbatan pilek maupun yang lainnya, udara akan mengalami pergerakan cepat dan menjadi lebih mungkin untuk mengakibatkan seseorang mendengkur.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *