Waspada dan Kenali Gejala Awal Meningitis

Waspada dan Kenali Gejala Awal Meningitis – Anda sering merasakan pusing pada kepala secara tiba- tiba? Jangan anggap sepele hal tersebut terutama mengobatinya dengan mengkomsumsi obat warung karena bisa saja itu bukanlah pusing biasa melainkan gejala awal penyakit meningitis.

5

Penyakit meningitis memang saat ini sedang marak diperbicangkan terlebih lagi terdapat orang pesohor yang menderita meningitis hingga kehilangan nyawanya, ya pesohor tersebut adalah Olga Syahputra sang komedian yang telah lama dan sukses berkakir di dunia hiburan Indonesia. Sebenarnya seperti apa penyakit meningitis tersebut?

Meningitis adalah penyakit yang melanda selaput otak dan saraf tulang belakang yang ada di bagian kepala. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang bagian lain dari tubuh kemudian menyebar kebagian tubuh lainnya hingga menyerang selaput otak tersebut.

Gejala awal penyakit meningitis mungkin tidak mudah dideteksi karena hampir sama dengan penyakit umum yang lainnya sehingga banyak penderita yang cenderung terlambat mengetahui hingga penyakit meningitis tersebut mulai parah.

Awalnya penderita akan mengalami pusing yang sering muncul, demam, nyeri otot, mual, hingga muntah.

Ketika keadaan tersebut semakin parah, penderita mulai sering mengalami sakit kepala hingga tak tertahankan, kejang- kejang, pernafasan semakin cepat, leher kaku, tubuh cepat lelah hingga akhirnya tubuh mulai sulit digerakan dan penderita akan mengalami koma dan kematian.

Meningitis sering diderita oleh anak- anak namun sekarang ini meningitis juga dapat melanda orang dewasa sehingga tidak memandang usia dan status sosial seseorang.

Dapat dibayangkan bila meningitis tersebut melanda anak-anak tentu sangat kasihan karena meningitis dapat menyebabkan seseorang tersebut mengalami sakit kepala yang hebat dan badan yang terasa nyeri dan kaku.

Sebenarnya penyakit mengingitis dapat disembuhkan bila mendapatkan penanganan segera mungkin. Namun, apabila penyakit meningitis tersebut terlanjur menyerang dan membuatnya semakin parah maka penderita akan lebih sulit untuk diobati.

Karena memang penyebab utama penyakit ini merupakan virus yang sulit terdeteksi dan dapat menyerang tiba- tiba sehingga banyak penderita yang tidak menyadarinya.

Baca Artikel Lainnya :

Meski dalam pengobatan penyakit ini sulit untuk dilakukan namun dalam pencegahannya masih bisa dilakukan agar terhindar dari virus meningitis tersebut.

Beberapa kegiatan pencegahan yang dapat dilakukan berupa sering mencuci tangan saat setelah melakukan aktivitas, selalu menjaga kebersihan, menjalankan pola hidup sehat seperti istirahat yang teratur dan makan makanan yang mengandung banyak nutrisi, dan juga dapat melakukan vaksin.

Oleh sebab itu jangan tunggu diri kita hingga penyakit yang ada menyerang tubuh lebih parah. Sebaiknya kenali dan waspada terhadap gejala awalnya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *