Waspada Makanan Berikut Karena Bisa Membuat Alergi Anak

Anak – anak adalah sebuah masa dimana mereka pertama kali mengenal segala hal. Mengenal dunia, mengenal ibu dan bapaknya, mengenal anggota keluarga, mengenal lingkungan sekitar, kata, emosi dan juga yang terpenting mengenal makanan dan minuman.

e 27

Karena serba pertam, kita sebagai orang tua masih belum mengetahui kira – kira kesulitan apa yang dapat ditemukan seorang anak dalam pergaulan, dalam keluarga, dalam berkata – kata dan juga kesulitan apakah yang didapatkan saat mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi anak – anak semuanya berpotensi untuk memicu datangnya alergi pada tubuh anak. Alergi merupakan suatu reaksi tubuh orang tertentu dalam hal imunitas terhadap bahan – bahan yang dianggap asing dan berbahaya oleh tubuh, sementara hal serupa bisa jadi tidak dialami oleh orang lain.zat pemicu alergi dinamakan allergen.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas alergi yang dipicu oleh konsumsi makanan tertentu pada anak. Apasajakah mananan itu?

1. Susu sapi

Reaksi alergi susu sapi pada anak bisa berupa diare dan muntah. Jadi sebaiknya anak tidak diperkenalkan dengan susu lain, selama mereka masih mengkonsumsi Air Susu Ibu.

2. Ikan

Reaksi alergi yang ditimbulkan setelah makan ikan biasanya adalah gatal – gatal di bagian kulit. Bagi anak yang tidak dapat menahan diri untuk menggaruk bagian kulit yang gatal tersebut, biasanya kondisi akan meningkat menjadi koreng dan yang paling parah adalah menjadi eksim.

Jika sudah seperti ini, dibutuhkan langkah untuk pemeriksaan ke dokter untuk diberikan obat minum ataupun salep kulit untuk proses penyembuhannya.

3. Kacang – kacangan

Contoh reaksi terhadap alergi kacang – kacangan adalah sesak nafas setelah mengkonsumsinya.

4. Alergi makanan laut, biasanya yang paling sering menjadi allergen adalah udang.

Reaksi alerga yang timbul adalah gatal – gatal di sekujur tubuh yang terjadi hanya selang beberapa saat dari waktu makannya. Biasanya alergi tersebut baru bisa reda 1-2 hari kemudian, itupun dengan bantuan obat anti alergi yang biasa ditemukan di pasaran.

Pada beberapa teman yang menderita alergi ini saya sempat bertanya bagaimana cara agar dapat sembuh total dari alergi terhadap udang?

Baca Artikel Lainnya :

Sebagian besar menjawab bahwa tidak perlu melakukan pantangan terhadap udang, tetap saja konsumsi jika memang makanan itu tersedia untuk dimakan, karena seiring bertambahnya usia, imunitas tubuh semakin berkembang, dan reaksi alergi mereka terhadap udang lama – kelamaan hilang dengan sendirinya, total.

Itu adalah beberapa contoh makanan yang dapat memicu alergi pada anak. Bantulah anak anda dalam menemukan menu makanan yang bergizi dan tepat untuk menghindari alergi lanjutan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *