Waspada, Toilet Bisa Sebarkan 5 Kuman Ini

Beberapa orang yang sangat berhati-hati saat menggunakan toilet umum karena takut tertular penyakit. Ada yang memilih jongkok, ada yang melapisi dudukannya dengan tumpukan kertas. Bahkan di Amerika, 50 persen wanita tidak mau duduk di toilet umum. Apakah ini sebuah reaksi berlebih, ataukah memang ada alasan bagi kita untuk waspada?

1

Umumnya, ada sekitar 50 bakteri tiap inci persegi pada dudukan toilet. Walaupun ini terdengar menjijikkan, spons dapur Anda sebagai contoh, umumnya memiliki sekitar 10 juta bakteri tiap inci persegi.

Kontras dengan asumsi banyak orang, penyakit-penyakit menular seksual tidak akan bisa menular melalui toilet umum. Mikroba penyebab klamidida dan herpes kelamin ditularkan melalui kontak kulit dan mati dalam waktu cepat. Namun ternyata, Ada beberapa infeksi yang bisa menyerang Anda karena duduk di toilet umum. Apa sajua kuman yang disebarkan toilet?

1. E.coli

Escherichia coli adalah bakteri yang umumnya ditemukan di usus kita. Jika kita tanpa sengaja terpapar pada bakteri ini, seperti dari air atau makanan terkontaminasi, kita bisa terserang diare, kram perut dan muntah-mintah. Karena E.coli hidup di feses, duduk di toilet umum yang tidak bersih bisa menyebarkan bakteri ini.

Virus-virus gastrointestinal seperti norovirus juga menyebabkan sakit perut. Seperti E.coli, virus-virus ini juga gampang menular. Norovirus telah ditemukan mengkontaminasi permukaan seperti dudukan toilet, bahkan bisa bertahan 2 minggu walaupun toilet itu telah dibersihkan.

2. Bakteri shigella

Bakteri shigella menyebar dengan cepat di antara manusia, terutama jika Anda lupa mencuci tangan dengan benar. Bakteri ini menyebabkan shigellosis, Anda mungkin mengenalinya dengan salah satu tanda infeksi terkenalnya: disentri. Shigellosis menyebabkan diare parah, menginfeksi, rasa sakit di abdomen, serta gejala lain yang bisa bertahan selama satu minggu. Dan bakteri ini bisa kembali menginfeksi lagi berminggu-minggu setelah Anda merasa sembuh.

Infeksi shigella, mirip dengan E.coli, terjadi ketika seseorang yang terinfeksi mengkontaminasi sebuah permukaan- termasuk toilet, tempat duduk toilet, atau pinggiran toilet. Anda juga bisa terinfeksi jika mengkonsumis makanan atau air terkontaminasi.

Cara terbaik agar toilet bebas bakteri shigella adalah untuk membersihkannya dengan larutan pemutih. Selain itu, selalu cuci tangan Anda, dan jika Anda tidak percaya dudukan toilet yang akan Anda gunakan bersih, gosoklah dengan desinfektan terlebih dulu.

3. Streptococcus

Ini adalah bakteri umum yang sering ditemukan di tenggorokan yang biasanya menyebabkan radang tenggorokan atau pneunomia bronkhial. Bakteri ini juga menyebabkan beberapa infeksi kulit menular. Bakteri ini bisa menular dari dudukan toilet terutama toilet-toilet umum. Kabar baiknya, hanya ada 1 persen orang dewasa yang memiliki bakteri ini di kulit atau tenggorokan mereka. Sehingga, kemungkinan Anda terkontaminasi bakteri ini dari toilet umum tergolong kecil.

4. Staphylococcus

Bakteri ini bisa mengkontaminasi dudukan toilet lebih lama dari yang Anda duga. MRSA misalnya, bisa hidup di toilet selama lebih dari dua bulan. Sedangkan, hanya butuh tiga detik saja untuk mentransmisikan baterai ini dari dudukan toilet ke kulit kita.

Namun sebenarnya, walaupun hal itu terdengar seram, ponsel Anda merupakan media yang lebih mungkin menyebarkan bakteri ini dibanding dudukan toilet. Jika Anda masih belum yakin aman, Anda bisa membawa tisu beralkohol antiseptik dan menggunakannya untuk mengelap dudukan toilet jika akan menggunakannya.

5. Influenza

Influenza dan virus-virus lain bisa hidup selama dua atau tiga hari pada permukaan halus seperti ponsel, remote control dan dudukan toilet. Beberapa dari jenis virus ini bahkan bisa hidup lebih lama. Flu burung bisa tahan berminggu-minggu.

Sementara, Anda masih bisa tertular virus biasa dari dudukan toilet, namun rhinovirus biasanya hanya bertahan sehari pada permukaan keras. Virus ini menyebar via membran mukus. Triknya agar menjauhi ini, jangan sentuh mata, hidung atau mulut setelah menyentuh dudukan dan bagian laind dari toilet.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *