Waspadai Bakso Daging Babi yang Membahayakan Kesehatan

Waspadai Bakso Daging Babi yang Membahayakan Kesehatan – Setelah terungkapnya peredaran baso dengan campuran daging babi, Polsek Kota Sukabumi berusaha untuk mencegah peredarannya dengan memeriksa beberapa tempat penggilingan maupun penjaja bakso di sekitarnya.

1

Hal ini juga menurunkan omzet pedagang bakso karena turunnya kepercayaan konsumen dalam mengonsumsi bakso. Selain haram untuk mengkonsumsi daging babi menurut islam, ternyata kandungan daging babi mengandung banyak parasit penyebab penyakit berbahaya. Lantas apa bahaya daging babi untuk kesehatan kita ?

Tingginya kandungan racun dan sulit dicerna

Daging babi sangat sulit dicerna oleh tubuh. Diperlukan setidaknya 6 jam untuk mencerna daging babi sehingga proses pencernaan semakin lambat.

Hal ini juga menyebabkan lambung dipaksa keras untuk mencernanya. Selain itu, karena proses metabolisme yang lambat pada babi, menyebabkan tingginya kandungan racun yang disimpan di dalam jaringan lemak pada babi.

Selain itu, tidak terdapatnya kelenjar keringat di dalam tubuh babi membuat tidak terdapatnya mekanisme pengeluaran racun dari tubuh babi.

Babi memiliki kandungan lemak tak jenuh

Kandungan lemak tak jenuh ganda sangat berbahaya bagi tubuh kita. Karena jika bereaksi dengan fruktosa atau alkohol akan menimbulkan resiko penyakit hati.

Untuk itu, disarankan para pengonsumsi daging babi tidak mengonsumsinya berbarengan dengan minuman beralkohol. Hal tersebut merupakan kombinasi yang mematikan yang mengancam jiwa kita.

Babi membawa banyak parasit

Daging babi mengandung banyak parasit penyebab penyakit. Meski telah dimasak dan dipastikan matang, namun parasit tersebut tidak mudah mati dan menyerang sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu, daging babi menyebabkan penyakit Trichinellosis, yaitu penyakit yang terjadi akibat kita mengonsumsi secara tidak sengaja parasit cacing yang banyak terkandung di otot babi.

Seseorang yang terjangkit penyakit ini akan menyebabkan penderitanya mual disertai diare dan muntah-muntah. Jika masuk ke dalam jaringan tubuh, akan menyebabkan mata bengkak, demam disertai nyeri otot, kulit menjadi ruam dan timbulnya pendarahan mata kecil. Selain penyakit tersebut, daging babi juga membawa parasit cacing pita yang menyerang hati dan sebagai vektor virus hepatitis E.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Waspadai Bakso Daging Babi yang Membahayakan Kesehatan

  1. Pingback: Meningitis : Penyakit Mematikan yang Menyerang Otak | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *