Waspadai Cabai, dapat Menjadi Pemicu Wasir

Waspadai Cabai, dapat Menjadi Pemicu Wasir – “Rasanya kita tidak makan kalau tidak dilengkapi sambal”, begitulah ungkapan sebagian besar masyarakat Indonesia dimana cabai merupakan pelengkap makanan favorit di Negara ini.

Untitled

Cabai yang tumbuh subur di tanah kita membuat banyak orang memakai cabai sebagai penyedap rasa berbagai masakan khas Indonesia. Apalagi jika diubah menjadi sambal, semakin menambah nafsu makan kita dan menonsumsinya berulang kali.

Dibalik kelezatan yang dihasilkan oleh produk olahan cabai itu, terdapat resiko yang dapat ditimbulkan loh. Salah satunya adalah penyakit wasir yang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kamu.

Wasir atau yang lebih dikenal dengan ambeien merupakan gangguan pada anus berupa membengkaknya pembuluh darah di sekitar anus. Pembuluh darah atau yang lebih umum disebut anyaman pembuluh darah ini memiliki fungsi khusus dalam menahan feces dan melindungi bagian dalam anus agar tidak mudah terluka. Iritasi yang terjadi ini membuat rasa sakit dan perih pada anus ketika buang air besar.

Bahkan beberapa orang malah akan mengelaurkan darah karena adanya luka pada pembuluh tersebut. Jika gejala ini terus saja dibiarkan, akan menimbulkan tonjolan pada anus kamu loh dan amat sangat mengganggu kegiatan kamu, apalagi yang harus duduk dan bekerja seharian. Rasa panas dan perih di anus pasti akan kita rasakan sepanjang hari.

Kenapa sih konsumsi cabai dapat menyebabkan wasir ? Nah ini nih yang harus kita ketahui, ternyata makan cabai dengan berlebihan akan menyebabkan luka pada pembuluh darah kamu. Hasilnya, rasa panas dan perih akan segera kamu rasakan saat BAB.

Selain dari konsumsi cabai, kurangnya makan yang banyak mengandung serat dan apalagi sering meminum minuman kaya alcohol, akan memperparah wasir dan bisa juga menjadi penyebab utamanya.

Selain dari faktor makanan diatas, faktor genetik terkadang dapat jadi pemicu ambeien. Pada dasarnya seseorang memiliki gen tertentu yang mengatur seberapa elastis pembuluh darah kita.

Nah bagi penderita wasir dari faktor genetik ini, memiliki pembuluh darah pada anus yang tidak elastis. Ketidakelastisan ini membuat fungsi katup yang seharusnya dijalankan oleh pembuluh darah anus menjadi tidak berfungsi. Apalagi jika ditambah memakan sambal, udah deh, jangan harap kamu akan merasa nyaman sepanjang hari.

Baca Artikel Lainnya :

Dan satu hal lagi nih guys, hindarilah terlalu banyak duduk di satu tempat terlalu lama. Aktivitas duduk saat wasir sangat disarankan untuk dikurangi mengingat akan menimbulkan besarnya pembuluh darah vena dan berujung pada pembengkakan pada anus.

Rasa panas akan mengawali di daerah dubur kamu dan diikuti dengan pembengkakan jika terlalu lama duduk.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *